Kampung KB Tiap Kecamatan se-Jatim
KESEHATAN PERISTIWA

Kampung KB Tiap Kecamatan se-Jatim

Laju pertumbuhan penduduk Jatim masih di bawah rata-rata nasional 0,610 dari total Fertility Rate (TFR) Jatim yang sebesar 1,946 menunjukkan sebuah keberhasilan cukup bagus. Hal itu bukti dari aktivitas kader Keluarga Berencana (KB) yang berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf saat membuka Temu Kader Kampung KB di GOR Kaliwates, Jember, Jawa Timur, Kamis (17/11). Atas keberhasilan inilah, Saifullah Yusuf menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh kader KB yang ada di seluruh Jatim.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih, penghargaan dan rasa hormat kepada BKKBN termasuk di dalamnya para kader-kader KB. Jatim sukses karena kader-kader KB bekerja dengan baik. Suksesnya bapak ibu suksesnya kami, majunya Jatim tergantung dari bapak ibu sekalian,” katanya yang disambut tepuk tangan seluruh yang hadir.

Dikatakan, Temu Kader Kampung KB di Jember merupakan ketiga klainya. Pertama dilaksanakan di Surabaya dan kedua di Tulungagung.

Targetnya saat ini, setiap kemcatan yang ada di Jawa Timur, terdapat Kampung KB. Meskipun diakui ada kendala dari sektor Sumber Daya Mnausia (SDM). Mengingat belum semua desa memiliki kader KB.

Tahun lalu, lanjut Gus Ipul, Presiden Jokowi mencanangkan dimulainya Kampung KB. Hal ini menjadi bagian usaha membangun bangsa lewat pinggiran. Pembinaan, dan dukungan anggaran bisa dimulai dari bawah.

Terdapat 3 hal yang menjadi sasaran. Yakni kependudukan (akte kelahiran, KTP dll), Keluarga Berencana dan terakhir pembinaan keluarga, yaitu menyasar remaja yang belum menikah untuk diberi pengetahuan tetang proses reproduksi.

“Kami turut mendukung program Presiden untuk menjadikan seluruh Indonesia punya Kampung KB yang akan dimulai dari kecamatan. Mari kita sukseskan dan kita dukung. Semoga kerja keras kita ini membuat Indonesia semakin sejahtera,” katannya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BKBN Jatim Drs Kuswindarwinto MAP mengatakan pencanangan Kampung KB oleh Presiden bisa diaplikasikan dan diimplementasikan ke seluruh kab/kota seluruh Indonesia. Tahun ini wajib setiap kabupaten memiliki satu Kampung KB.

Menurutnya, saat ini belum semua Provinsi mencanangkan Kampung KB. Tapi Jatim sudah mencanangkannya.

Pelaksanaan Kampung KB ini akan dimonitor terus oleh Presiden melalui BKKBN. Tahun 2017 nanti setiap kecamatan harus punya satu Kampung KB. Ini merupakan bagian dari Program Nawacita yang digagas Presiden Jokowi.

Sementara itu, Bupati Jember dr Faida MMR menyampaikan bahwa Kabupaten Jember siap menyukseskan program Kampung KB. Sesuai arahan BKKBN, tahun depan Jember juga akan merealisasikan 31 Kampung KB di tiap kecamatan di Jember.

“Kami akan brsinergi dengan Bupati sekitar Jember untuk menyukseskan Kampung KB untuk menghasilkan generasi pengerus bangsa yang berkualitas,” katanya.

Tema Temu Kader Kampung KB adalah ‘Dengan Temu Kader, Kita Satukan Langkah Untuk Karya Nyata Membangun Keluarga Berkarakter Melalui Penggarapan Kampung KB’. Acara dihadiri 2.000 Kader Kampung KB dari wilayah Jember, Lumajang,. Situbondo,. Bondowoso dan Banyuwangi. (sak)