Kantor Unik di Pelabuhan Banjarmasin
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Kantor Unik di Pelabuhan Banjarmasin

Ada yang unik di Pelabuhan Banjarmasin yang dikelola BUMN, Pelindo III. Teras tempat kerja kini tidak lagi didesain secara kaku dan membosankan, kesan tersebut ada pada Kantor Divisi Teknik Pelabuhan Banjarmasin.

Terletak di sudut timur pelabuhan yang berdampingan dengan Terminal Penumpang Bandarmasih, lokasi eksterior hadir sebagai bagian dari improvisasi bangunan kantor.

Lokasi teras yang berada di depan Gedung Teknik itu diperuntukkan bagi penumpang yang ingin bersantai sejenak menunggu sanak saudara yang datang menjemput.

Selain itu digunakan sebagai area diskusi bagi para karyawan Pelindo III agar tidak jenuh di dalam ruangan kerja yang terdiri dari kubikal pembagian tempat.

Selain itu juga berfungsi ebagai smoking area bagi rekanan kerja seperti kontraktor dan vendor yang sedang ada proyek pekerjaan di kawasan Pelabuhan Banjarmasin.

Dengan mengusung konsep green eco port, teras ini juga mengaplikasikan ekspose dinding bambu yang juga merupakan hasil dari sisa bongkaran yang difurnish dan didekor sehingga mampu disulap menjadi susunan vertikal teratur. Shingga menimbulkan kesan rapi, tinggi dan menciptakan atmosfer tegas di sekelilingnya.

Selain bambu, drum juga digunakan sebagai bagian furniture eksterior di teras tersebut. Berangkat dari keperihatinan minyak yang diproduksi dunia yang menggunakan drum sebagai media penyimpan, namun jika sudah tidak terpakai sisa drumnya dibuang begitu saja.

Salah satu cara mencegah terjadinya lebih banyak limbah adalah dengan mendaur ulang. Beberapa produk inovatif yang berasal dari drum minyak bekas tersebut adalah kursi dan meja yang di tata secara melingkar secara beraturan.

Drum ini tetap menampilkan permukaan asli sebagai pertanda fungsi dan keberadaan sebelumnya. Semacam pengingat masa lalu benda tersebut.

“Desainernya secara sengaja mengambil langkah seperti itu, sebagai cara untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tentang konsep pemaknaan daur ulang (recycling)”, ujar Noor Riyadi Asisten Manajer Fasilitas Divisi Teknik Pelindo III Cabang Banjarmasin.

Penerapan desain unik pada lokasi kerja terkadang dapat memberikan nuansa santai bagi para pekerjanya. Selain memberikan keindahan bagi kantor itu sendiri keunikan dan kreatvfitas pada desain kantor diharapkan dapat membangkitkan semangat, motivasi bahkan inspirasi bagi para pekerjanya. Disamping memberikan suasana yang berbeda.

“Desain kantor yang penuh kreatifitas dan unik memberikan semangat dan ide bagi karyawan ketika sedang merasa penat dengan kegiatan operasional yang mereka kerjakan,” kata Angga Pradiptya, Manajer Teknik Pelindo III Banjarmasin. (sak)