Kerjasama Lima Bank Daerah – Pelindo III
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Kerjasama Lima Bank Daerah – Pelindo III

Perusahaan plat merah, Pelindo III terus meningkatkan efisiensi layanan transaksi pengguna jasa kepelabuhanan di daerah dengan menggandeng lima Bank Pembangunan Daerah (BPD). Kelima BPD tersebut yaitu BPD Jawa Tengah, BPD Kalimantan Selatan, BPD Kalimantan Tengah, BPD Bali, dan BPD Nusa Tenggara Timur.

Kerjasama tertuang dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) Pelindo III dengan kelima BPD yang berlangsung Senin (22/8) di Denpasar, Bali di tengah-tengah pelaksanaan rapat kerja perusahaan.

Komitmen sinergi Pelindo III dengan kelima BPD ditandatangani Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak, Dirut Bank NTT, Daniel Tagu Dedo, Dirut Bank Kalteng Yosapatasi, Dirut Bank Bali I Made Sudja, Dirut Bank Kalsel Supian Noor dan Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya bertempat di Hotel Bali Dynasty Resort.

Kerjasama Pelindo III dengan BPD di antaranya pembukaan rekening penerimaan dengan menggunakan mekanisme cash management, penempatan deposito, pemilihan BPD sebagai penerbit bank garansi untuk pelaksanaan program investasi di lingkungan kerja Pelindo III, dan pemasangan ATM khususnya di terminal penumpang di masing-masing pelabuhan cabang yang dikelola Pelindo III.

Orias mengatakan bahwa kerjasama itu merupakan wujud nyata Pelindo III bersinergi dengan Bank Daerah guna memacu pembangunan daerah serta mendorong peningkatan perekonomian nasional. Menurutnya penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III.

“Layanan ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk pengguna jasa pelabuhan dalam proses transaksi keuangan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas di pelabuhan karena terkait dengan proses bisnis di lapangan,” katanya.

Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional.Semakin cepat layanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada pengguna jasa kepelabuhan, semakin efisien pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

Pada kesempatan sama, Dirut Bank NTT, Daniel Tagu Dedo menyatakan tujuan Nota Kesepahaman kedua belah pihak untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dan sebagai wadah dalam memanfaatkan sistem pelayanan jasa perbankan yang tersedia dengan fasilitasi perbankan yang dibutuhkan Pelindo III. “Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III,” ujarnya.

Dirut Bank Bali, I Made Sudja mengapresiasi langkah Pelindo III menggandeng BPD, bukti kepercayaan pada mereka. Juga dikatakan Komitmen Pelindo III dengan Bank Daerah sangat bermanfaat dan mempunyai dampak multiplier pada masyarakat di masing-masing daerah. “Tidak hanya meningkatkan pertumbuhan bisnis namun juga meningkatkan pembangunan daerah di wilayah tersebut,” ungkapnya. Sehingga kedepannya diharapkan Bank Daerah bisa mendukung semua layanan dan bisa memberikan manfaat yang optimal. (sak)