Kiper Difabel Indonesia, Terbaik Dunia
OLAHRAGA PERISTIWA

Kiper Difabel Indonesia, Terbaik Dunia

Raihan prestasi membanggakan datang dari tim Indonesia pada ajang Soccer Street Homeless World Cup 2016 di Glasgow, Skotlandia. Timnas Indonesia berhasil meraih peringat 7 dari 52 negara peserta.

Namun tidak hanya itu saja, Eman Sulaeman, penjaga gawang difabel juga tampil sebagai bintang dan menyabet gelar sebagai Kiper Terbaik di gelaran HWC tahun ini.

Pria yang terlahir tanpa kaki ini tak pernah berhenti mendapat ucapan selamat dan respek dari publik dan pemain dari negara lain. Penampilannya juga sudah menghiasi berbagai media massa di seluruh dunia karena dianggap sebagai sosok inspiratif yang pantang menyerah.

Medapat penghargaan sebagai kiper terbaik, Eman mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih atas dukungan moral yang besar dari berbagai pihak.

“Alhamdulliah. Sungguh luar biasa seneng, bahagia, bangga bisa terpilih menjadi kiper terbaik. Penghargaan ini gak ada apa – apanya kalau gak ada dukungan dari pelatih, manajemen, teman setim, dan warga Indonesia yang selalu doakan mendukung,” ujar pemilik klub futsal Maja Chelsea di Majalengka ini.

Eman juga berterimakasih kepada Rumah Cemara, dikarenakan mendapat kesempatan untuk menjadi kiper Timnas. “Terimakasih juga untuk supporter yang ada di Glasgow,” imbuhnya.

Eman mengaku mempersembahkan penghargaan ini kepada kedua orangtuanya yang tak henti memberikan dorongan. Meski difabel, orangtua Eman mendukung penuh pilihannya untuk serius di dunia sepakbola.

“Penghargaan ini saya persembahkan buat kedua orangtua yg terus mendukung dari kecil hingga sekarang hobi Eman main bola. Tak lupa temen2 satu klub di majalengka. Gak nyangka kiper klub amatir bisa sukses di international,” katanya.

Waktu penghargaan diserahkan kepada Eman, semuanya memberikan applause. Eman mengaku tidak bisa melukiskan perasaannya akan hal tersebut.

Ajang Soccer Street Homeless World Cup 2016 yang digelar di Glasgow, Skotlandia berlangsung dari tanggal 10 – 16 Juli 2016. Ajang tahunan ini disaksikan hampir 100 ribu penonton yang hadir di pertandingan yang digelar di George Square di pusat kota Glasgow, kota terbesar di Skotlandia.

STV Glasgow dan STV Edinburgh yang menayangkan kompetisi ini mengatakan, tayangan pertandingan-pertandingan HWC juga disaksikan secara online oleh 2 juta penonton di seluruh dunia. HWC memang seperti sudah membius Glasgow. STV menyebutnya sebagai “Minggu Penuh Inspirasi”. (sak)