Kontes Domba Garut, Rp 1 Miliar Disiapkan
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Kontes Domba Garut, Rp 1 Miliar Disiapkan

Presiden Joko Widodo merespon permintaan peternak kambing yang hadir dalam Temu Wicara dan Kontes Domba Garut, di Kebun Raya, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/8) pagi, agar ada kontes domba yang memperebutkan Piala Presiden.

“Saya perintahkan sekarang juga pada Menteri Pertanian menyiapkan. Tahun ini, nanti bulan Oktober–November disiapkan. Saya enggak tahu tempatnya di Bogor atau di Jakarta, terserah nanti Bapak/Ibu semuanya,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, dirinya akan menyiapkan hadiah berupa piala, sertifikat, maupun uang pembinaan. “Satu miliar gitu ya, kan nanti bisa dipakai berhaji juga. Yang penting uang pembinaan ini dipakai untuk mengembangkan peternakan dan domba-domba kita,” kata Jokowi seraya menambahkan, untuk Juara I mungkin Rp 1 miliar, Juara II Rp 500 juta, dan Juara III Rp 250 juta.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan kontes domba Garut memperebutkan Piala Kemerdekaan RI yang diikuti 875 domba, berasal dari kota dan kabupaten se-Jawa Barat dengan kategori Raja Pedagang, Raja Petet, Raja Kasep, dan Ratu Bibit.

Selain kontes domba, juga digelar pementasan kambing perah dan domba catwalk. Yang menarik pada domba catwalk, dipertunjukkan pula lima domba yang dimiliki Jokowi, yang memiliki nama Bera, Beri, Nyai, Edo dan Dogar.

Dalam acara “Temu Wicara Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan serta Kontes Domba Garut-Kambing” tersebut, Jokowi yang mengaku memiliki 5 (lima) domba yang dibelinya dengan harga Rp 3-4 juta. Tapi merasa terkejut dan minder saat mengetahui harga domba-domba yang mengikuti kontes ini mencapai Rp 50-60 juta.

“Pikir saya harga 3–4 juta sudah mahal sekali, saya sudah dapat yang tanduknya bagus, senang. Pada saat masuk sini jadi minder semua, langsung minder, betul-betul sudah kejauhan sekali harganya,” ujar Jokowi.

Namun, Jokowi memuji domba-domba yang diikutkan dalam kontes di Kebun Raya itu, yang dinilainya sangat cantik dan terawat. “Saya sangat kagum sekali, betul-betul milik asli Indonesia,” puji Jokowi yang sempat menunjukkan domba-domba yang dimilikinya kepada peserta temu wicara.

Kementerian Pertanian dalam siaran persnya menyebutkan, penyelenggaraan Temu Wicara dan Kontes Domba Garut ini digelar dalam rangka mendorong peran dan kontribusi ternak domba dan kambing yang mempunyai potensi tinggi dalam populasi dan produktivitas. Kontes ini diinisiasi Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI), dan dihadiri oleh kurang lebih 1000 peserta. (sak)