Kopelindo3 Kucurkan Bantuan Pendidikan
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Kopelindo3 Kucurkan Bantuan Pendidikan

Koperasi Pegawai PT Pelabuhan Indonesia III alias Kopelindo3 bersama Pelindo III Grup, kembali memberikan penghargaan anak berprestasi dan pemberian bantuan pendidikan tahun ajaran 2015/2016. Sedikitnya 194 anak dan bantuan sarana prasarana sekolah dengan dana sebesar Rp 544 juta.

Bantuan yang diberikan Kopelindo3 tahun 2016 ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, sebagai perbandingan pada 2015 Kopelindo3 memberikan penghargaan dan bantuan pendidikan kepada setidaknya 161 anak dengan dana sebesar Rp 490 juta.

Penghargaan anak berprestasi diberikan kepada anak-anak anggota Kopelindo3 yang mendapatkan prestasi (rangking 1-3) di kelasnya tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan bantuan pendidikan dan bea siswa diberikan kepada 89 anak-anak binaan anggota Kopelindo3.

Anak-anak binaan tersebut berasal merupakan anak yatim/piatu dari mantan anggota Kopelindo3, yangtelah meninggal dunia serta juga diberikan kepada anak-anak tenaga kerja khusus, seperti petugas cleaning service, foto copy, driver/sopir, kepil di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak dengan kriteria tertentu, diantaranya memiliki penghasilan yang terbatas dalam menghidupi keluarganya.

Selain bantuan pendidikan dan penghargaan, Kopelindo3 juga memberikan bantuan kepada SDN Perak Utara II berupa pembangunan pagar sekolah dan pembuatan tempat cuci tangan. Kopelindo3 juga memberikan bantuan sebanyak 10 unit komputer untuk SMPN 38 Surabaya.

“Direksi memberi apresiasi dan terima kasih pada segenap pengurus, pengawas dan karyawan Kopelindo3 sehingga penghargaan anak berprestasi dan bantuan pendidikan terselenggara. Sungguh merupakan kegiatan mulia,” ungkap Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III, Toto Heliyanto, Minggu (28/8) di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Toto yang juga pembina Kopelindo3, berpesan kepada penerima agar bantuan pendidikan dan bea siswa yang diberikan dapat dijadikan cambuk dan motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi dimasa mendatang serta benar-benar dimanfaatkan untuk menunjang kepentingan pendidikan.

Toto merupakan Pembina Koperasi Terbaik di Indonesia tahun 2015 lalu yang diserahkan saat Hari Koperasi Nasional yang ke-68 tahun 2015 yang diperingati di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kopelindo 3 juga terbukti menjadi koperasi berprestasi tidak hanya tingkat Surabaya, namun juga koperasi berprestasi tingkat Jawa Timur dan bahkan nasional.

Kopelindo3 berkiprah dalam bidang sosial dan ekonomi. Sosial diwujudkan dengan pemberdayaan bidang pendidikan seperti pemberian bantuan pendidikan dan bea siswa, sedangkan ekonomi berbentuk kegiatan koperasi dengan baik.

Ketua I Pengurus Kopelindo3 Faruq Hidayat mengatakan Kopelindo3 rutin dan konsisten sejak 2004 melaksanakan program penghargaan anak berprestasi dan bantuan pendidikan kepada anak anggota yang kurang mampu, serta putra putri cleaning service, tenaga foto copy dan pengemudi yang merupakan tenaga kerja di Kopelindo3.

“Perkembangan Kopelindo3 dari tahun ke tahun cukup menggembirakan, sehingga sebagai bentuk rasa syukur, selalu dilakukan pemberian bantuan pendidikan (beasiswa) dan penghargaan anak berprestasi sesuai dengan kriteria dan kategori yang telah ditetapkan. Itu juga bentuk komitmen Kopelindo3 terhadap dunia pendidikan,” jelas Faruq.

Pasca kegiatan, anak-anak juga dikenalkan dunia kemaritiman dengan mengajak mereka melihat secara langsung aktifitas penyandaran kapal, kegiatan bongkar muat dan kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak. (sak)