KPK Jaring Mahasiswa Ilmu Komunikasi
KOMUNITAS PERISTIWA

KPK Jaring Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Festival Integritas Kampus yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun ini mengangkat tema integritas dengan metode kampanye sosial dan menyasar mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Mengapa demikian? Masagung Dewanto Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK menyebut bahwa ide awal program anti korupsi ini adalah kampanye sosial, dan keilmuan yang dekat dengan hal tersebut adalah Ilmu Komunikasi.

“Kampanye sosial paling dekat keilmuannya adalah Ilmu Komunikasi, karena membangun awarenes melalui kampanye sosial itu kuat peranan dan dampaknya,” jelas Agung sapaan Masagung kepada media Sabtu (30/9) di Malang.

Sementara itu, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB) Dr Bambang Dwi Prasetyo mengatakan peserta sebagian besar adalah mahasiswa semester akhir peminatan Sosial Marketing sebab peminatan tersebut berkaitan erat dengan kampanye sosial.

Saat ini, UB juga telah menerapkan kurikulum dan mata kuliah umum yang menyisipkan pendidikan anti korupsi di dalamnya sebagai bentuk kerjasama dengan KPK.

Sehingga selain teori yang didapat dalam pelajaran, dalam pelaksanaannya nanti mahasiswa harus melakukan kegiatan kampanye membangun integritas sebagai langkah awal membentuk sikap anti korupsi.

Kegiatan ini dilaksanakan berurutan di 3 kampus, yakni Universitas Brawijaya Malang, Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Atmajaya Jogja. (sak)