Lancar Bongkar Muat Alat Perang US Army
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Lancar Bongkar Muat Alat Perang US Army

Kegiatan Garuda Shield 2016 digelar di Puslatpur Asembagus, Situbondo Jawa Timur. Latihan bersama itu melibatkan personel militer Batalyon Raider Kostrad dengan US Army dan digelar sejak 1 Agustus 2016.

Selain menjadi wahana meningkatkan keterampilan dan kemampuan serta profesionalisme prajurit, latihan juga sebagai sarana meningkatkan kerjasama dan jalinan persahabatan antar Angkatan Darat kedua negara.

Selain itu, dalam setiap kesempatan pelaksanaan latihan bersama, dapat menjadi wahana yang efektif untuk mewujudkan semangat persahabatan, persaudaraan dan saling menghormati di antara Angkatan Darat yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pelindo III kembali dipercaya melaksanakan kegiatan bongkar muat perlengkapan kegiatan Garuda Shield 2016 di Pelabuhan Tanjung Wangi. Ini merupakan kali ke-2, setelah sebelumnya juga melaksanakan kegiatan bongkar muat Garuda Shield di tahun 2014.

“Pelabuhan Tanjung Wangi yang terletak sekitar 60 km dari Puslatpur Asembagus dianggap sebagai lokasi strategis untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat perlengkapan tersebut,” ujar Yuli Wardianto Manager Operasi dan Komersial Pelabuhan Tanjung Wangi.

“Dermaga Umum Pelabuhan Tanjung Wangi yang memiliki kedalaman kolam labuh sampai dengan -14 meter LWS dan panjang dermaga sepanjang 543 meter telah memenuhi persyaratan sertifikat ISPS Code dan memiliki tenaga serta perlengkapan bongkar muat untuk melaksanakan kegiatan tersebut selama 24 jam non stop, sehingga proses bongkar muat Perlengkapan Garuda Shield dapat dilaksanakan secara efisien dan cepat,” imbuh Yuli.

Perlengkapan Garuda Shield 2016 terdiri dari 35 boks container dengan kapasitas 35 TEUs berisi perlengkapan logistik. Tak kurang dari 78 unit kendaraan perang seperti panser jenis Stryker, Helikopter jenis Black Hawk dibongkar di Pelabuhan Tanjung Wangi pada 25 Juli 2016 dengan membutuhkan waktu selama 15 jam sebelum latihan.

Perlengkapan tersebut kembali dimuat di Pelabuhan Tanjung Wangi pada Minggu (14/8) lalau oleh kapal kargo yang sama yakni kapal MV.Ocean Glory berbendera Amerika Serikat dengan panjang 170 m dengan GT mencapai 18.410 GWT. (sak)