Layanan Pertanahan Terintegrasi Se-Jakarta
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Layanan Pertanahan Terintegrasi Se-Jakarta

Inovasi memberikan kemudahan layanan serta mendekatkan diri pada masyarakat dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Lima Kantor Pertanahan (Kantah) se-Jakarta membuka Layanan Pertanahan Terintegrasi Se-Jakarta yang bertempat di Beranda Nusantara, Mal Kota Kasablanka Lantai Lower Ground.

Penyediaan lahan gerai ini merupakan bagian dari kegiatan Tanggung Jawab Sosial (CSR) Mal Kota Kasablanka kepada Kementerian ATR/BPN untuk masyarakat.

Ini bukan kali pertama layanan pertanahan tersedia di pusat perbelanjaan, sebelumnya Kantah Jakarta Selatan telah membuka layanan di Mal Gandaria City dan Kantah Jakarta Pusat menyediakan layanan di Mal Thamrin City.

Hanya saja, baru kali ini Layanan Pertanahan Terintergrasi tersedia secara permanen di pusat keramaian masyarakat. Dirjen Infrastruktur Keagrariaan Adi Dharmawan mengatakan layanan ini merupakan satu langkah lebih maju dari layanan bersama yang selama ini dilakukan.

“Ini wujud pengembangan layanan masyarakat dan layanan pertanahan terintegrasi pertama di Indonesia,” ujarnya usai acara peresmian. Nantinya layanan integrasi ini akan menjadi contoh untuk diduplikasi daerah lain.

Layanan Integrasi merupakan gerai yang menggabungkan layanan kantor pertanahan dalam satu wilayah provinsi atau lebih. Dengan sistem Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP), gerai ini dapat menerima pemohonan dari Kantah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada satu sistem.

Pada tahap pertama tersedia 3 (tiga) layanan utama yakni Pengecekan Sertifikat, Penghapusan Hak Tanggungan (Roya) dan Peningkatan Hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) ke Hak Milik (HM) untuk luas bidang kurang dari 600 m2.

Kedepan layanan akan diperluas ke layanan lain yakni Peralihan Hak; Peralihan Hak Tanggungan (Cessie); Perubahan Kreditur; dan Ganti Nama. Selain itu masyarakat juga bisa mendapatkan informasi sekaligus berkonsultasi perihal layanan pertanahan.

Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta Najib Taufieq menuturkan Mal Kota Kasablanka dipilih karena lokasinya yang strategis dan banyak dikunjungi masyarakat umum. “Mengurus sertifikat tanah bisa sambil mengajak keluarga, bisa sambil berbelanja ataupun rekreasi sekeluarga,” ujarnya.

Pembayaran layanan juga dilakukan secara non tunai dengan transfer ke bank ataupun menggunakan kartu debit bank. Gerai Layanan Pertanahan Terintegrasi se-Jakarta di Mal Kota Kasablanka dibuka setiap Senin-Jumat dengan jam operasional 10.00 hingga 16.30. (sak)