Lebaran 2016, 20 Ribu Orang Kunjungi KBS
PERISTIWA

Lebaran 2016, 20 Ribu Orang Kunjungi KBS

Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi ikon dan tujuan wisata masyarakat Jawa Timur khususnya di Surabaya. Hal ini dibuktikan Libur Lebaran dua hari Rabu (6/7) dan Kamis (7/7) KBS dikunjungi sekitar 20 ribu orang lebih.

Humas PD Taman Satwa KBS, Veronika Lulu di kantornya KBS Jl Stail Surabaya, Kamis (7/7) sore mengatakan, puncak libur Lebaran 2016 di KBS terjadi pada Minggu (10/7) jumlah pengunjung diprediksi bisa mencapai 60 ribu orang.

Pada Lebaran pertama pada Rabu (6/7) KBS dikunjungi sekitar 5 ribu orang dan pada Lebaran kedua Kamis (7/7) dikunjungi sekitar 15 ribu orang lebih. Kata Veronika, pada hari pertama Lebaran masyarakat belum banyak yang berkunjung ke KBS tetapi diprediksi jumlah pengunjung akan terus meningkat.

Diprediksi mencapai puncaknya pada pasca Lebaran ketiga atau Minggu (10/7), jumlah akan meningkat sekitar 30 persen dibandingkan tahun baru.

Aneka satwa, wahana permainan anak, wahana tunggang dan pentas dangdut artis-artis KDI di KBS diharapkan bisa banyak menyedot pengunjung untuk menyaksikan. Yang tidak kalah menarik adalah patung ikan suro dan boyo sebagai simbol Kota Surabaya yang letaknya di depan pintu gerbang KBS banyak dimanfaatkan pengunjung berfoto bersama keluarga, teman dan pacar.

Pada Lebaran 2016, masyarakat yang berwisata ke KBS masih memadati wahana tunggang, khususnya tunggang gajah. Kemudian pengunjung KBS pada Lebaran kali ini diajak nonton atraksi aneka satwa, naik gajah wahana tunggang serta pertunjukan musik dangdut KDI sambil menunggu doorprize

Untuk Lebaran tahun ini mulai 6-17 Juli 2016 PD Taman Satwa KBS akan tampil beda mengedepankan semarak Lebaran 2016 di sudut-sudut taman disekitar KBS dihiasi miniatur ketupat. Kemudian KBS menampilkan aneka macam atraksi permainan satwa yang terlatih sesuai perintah pelatihnya. Selain atraksi gajah Sumatera, pengelola KBS mulai 6-17 Juli 2016 menyiapkan hiburan live full musik dangdut dengan artis-artis KDI.

Karena Libur Lebaran 2016 bersamaan dengan Hari Bumi maka KBS akan memberikan doorprize kepada pengunjung yang peduli dengan lingkungannya. Seperti memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung di KBS, lalu memungut kembali dan dibuang pada tempatnya di bak sampah yang telah disediakan.

Bagi pengunjung yang ingin naik gajah cukup membayar Rp 10.000/orang, pengunjung akan diajak naik di punggung gajah berkeliling di arena KBS. Bagi yang ingin naik gajah silahkan datang di arena tunggang gajah. Arena tunggang gajah paling disenangi oleh anak-anak dan remaja. Yang ingin nunggang kuda dan kereta onta juga ada. Untuk tunggang satwa tersebut pengunjung cukup mengeluarkan Rp 10.000/orang.

Tempat lain yang disukai anak-anak adalah arena outbound serta children zoo. Children zoo ini merupakan suatu kawasan atau dunia anak dimana pengunjung anak-anak bisa langsung berkenalan dan berinteraksi/menyentuh memegang langsung berbagai binatang yang telah disiapkan.

Atraksi lainnya adalah memberi makan binatang atau atraksi feending time secara langsung kepada hewan gajah dan onta. Soal harga tiket masuk sampai saat ini rata-rata Rp 15.000 per orang untuk satu kali masuk. Pesan pengeloloa KBS bagi pengunjung yang membawa anak-anak diharapkan mengawasi anak-anaknya agar tidak terpisah dengan rombongannya. (sak)