Lomba Video Puisi Pelajar via Instagram
KOMUNITAS PERISTIWA

Lomba Video Puisi Pelajar via Instagram

Pengurus Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) dan Pengurus Wilayah Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (PW IPPNU) Jawa Timur mengadakan Lomba Video Puisi Pelajar via Instagram. Lomba ini merupakan agenda khusus dalam rangka menyemarakkan HUT RI yang ke-71.

Ketua IPNU Jatim, Haikal Atiq Zamzami mengatakan kreatifitas dan bakat pelajar sangat beragam, salah satunya berekspresi melalui puisi. Hal tersebut, menurut Haikal, merupakan potensi yang harus dikembangkan sejak dini. “HUT RI menjadi momentum yang tepat menunjukkan kreatifitas berpuisi. Sekaligus sebagai wujud kecintaan pada bumi pertiwi,” tuturnya kepada media di Surabaya, Jumat (5/8).

Haikal menjelaskan tema yang diusung adalah ‘Cinta Kami Pada Negeri’. Tema tersebut sengaja diambil agar generasi muda bangga dan mencintai Indonesia, menggelorakan semangat nasionalisme serta mengisi kemerdekaan dengan karya dan prestasi. “Kami konsisten menolak segala bentuk radikalisme, pelajar dan mahasiswa harus bersatu melawannya,” tegas Haikal.

Panitia lomba video puisi pelajar sengaja memilih Instagram sebagai media karena ingin hadir dan lebih dekat dengan generasi muda. Aplikasi berbasis foto dan chatting tersebut memang sedang menjadi primadona untuk mengapdate aktivitas sehari-hari.

Syarat mengikuti lomba diantaranya pelajar, santri, mahasiswa dan kalangan umum laki-laki/perempuan maksimal berumur 29 tahun. Untuk menghindari plagiarisme, karya yang dikirimkan harus murni milik sendiri.

Pengiriman video dibuka mulai 9 Agustus 2016 hingga 14 Agustus 2016 pukul 23.59. Video dibuat dengan cara merekam dan membacakan bait puisi paling menarik yang berdurasi 1 menit. Lampirkan teks puisi lengkap pada caption video.

Selanjutnya unggah melalui akun instagram dan ditag ke @tv9nusantara, @pwipnujawatimur dan @pwippnujawatimur dengan hastag #videopuisipelajar. Pengumuman juara diumumkan secara live di TV9 Nusantara pada 16 Agustus pukul 21.30

Pemenang ditentukan dewan juri dan juara favorit ditentukan peserta yang mendapat like terbanyak di instagram. Sebagai apresiasi untuk pemenang, Juara 1 mendapat tabungan senilai 750.000, Juara 2 senilai 500.000, Juara 3 senilai 250.000 dan Juara Favorit senilai 500.000.

Selain itu, semua juara juga mendapatkan piagam penghargaan yang ditandatangani Budayawan Nasional, KH Zawawi Imron selaku Juri Kehormatan. Lomba ini juga di dukung oleh NU online, NUtizen dan TV9 sebagai media partner.(sak)