Medan Heritage 10K saat Hari Pahlawan
JALAN-JALAN PERISTIWA

Medan Heritage 10K saat Hari Pahlawan

Medan Heritage 10K Run merupakan ajang sport tourism yang diselenggarakan RajaMICE berkolaborasi dengan Running Explorer dan didukung Hotel Indonesia Group sebagai Official Hotel. Acara ini digelar bertepatan dengan Hari pahlawan, 10 Nopember 2016.

Medan sebagai satu kota terbesar di Indonesia memiliki keindahan alam, kekayaan historis, dan keragaman budaya penduduknya. Sudah lama memiliki daya tarik bagi wisatawan yang tergoda mengeksplorasi setiap potensi wisata Medan.

Seluruh potensi yang ada di kota ini berpusat di kawasan Nol Kilometer, di mana Hotel Inna Dharma Deli, Lapangan Merdeka, dan Stasiun Kota adalah pusat segala kegiatan tersebut sejak akhir abad ke 19.

Medan Heritage 10K (MH10K) merupakan satu-satunya acara yang menggabungkan sport dan heritage tourism dengan konsep yang berbeda untuk para runner berpengalaman.

”Medan Heritage 10K Run ini akan menjadi healthy lifestyle bagi masyarakat di Kota Medan. Acara ini diprediksi akan menyumbang 20% wisatawan dari luar kota Medan yang juga turut berpartisipasi untuk mendukung acara sport tourism,” kata CEO RajaMICE Panca R Sarungu kepada media di Jakarta, Jumat (2/9).

Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan semangat Hari Pahlawan dan diharapkan membawa semangat perjuangan yang tinggi bagi pelari karena melewati rute yang memiliki nilai historis.

Serta beberapa bangunan bersejarah yang berkaitan erat dengan tumbuhnya kota Medan sebagai melting point beragam suku bangsa di Pulau Sumatera.

Program acara yang disiapkan penyelenggara tidak hanya sport tourism saja, namun peserta juga disuguhi panggung hiburan, bazaar, serta pertunjukan band. selama menunggu para runner mencapai garis finish dan pengumuman pemenang sebagai puncak acara.

Inna Dharma Deli sebagai hotel jaringan Hotel Indonesia Group memainkan peranan penting karena lokasinya berada di Titik Nol Medan, menjadi saksi geliat pertumbuhan kota tersebut hingga kini.

Inna Dharma Deli berdiri sejak 1898 oleh Herman De Boer. Sebagai hotel pertama di Sumatera, Inna Dharma Deli seringkali menjadi tempat singgah tamu negara dan keluarga kerajaan. Hotel dengan kapasitas kamar 130 ini memiliki desain classic modern.

Dari Inna Dharma Deli wisatawan dapat dengan mudah menikmati potensi wisata di Sumatera Utara mulai dari eksotisme Leuser National Mountain Park, Danau Toba yang magis, kemegahan Air Terjun Sipiso-piso, serta beragam destinasi wisata tidak terhitung di sekitar dan di dalam Kota Medan.

Dirut Hotel Indonesia Natour Iswandi Said mengatakan acara ini tidak hanya mengenalkan healthy lifestyle yang sedang trend untuk masyarakat Medan, tapi juga berpotensi mengangkat heritage dan hidden treasure yang dimiliki Medan dan belum diekspose selama ini. “Medan tidak hanya Istana Maimoon dan Masjid Raya tetapi banyak sekali bangunan tua dan bersejarah serta spot-spot yang menarik serta bisa turut diekspose melalui acara ini,” ujarnya.(sak)