Membangun Kesadaran Pelajar Menabung
KOMUNITAS PERISTIWA

Membangun Kesadaran Pelajar Menabung

Sampoerna Foundation menyerahkan bantuan beasiswa kepada 120 pelajar setingkat SMA di Kabupaten Blitar, senilai Rp 3 juta per siswa. Penyerahan beasiswa disaksikan Bupati Blitar Drs Rijanto dan anggota Komisi XI DPR RI Eva Sundari dari Fraksi PDI Perjuangan, Selasa (26/7).

Penyerahan beasiswa di Pendopo Kab Blitar itu khusus untuk pelajar SMK, SMU dan Aliyah baik negeri maupun swasta. Bupati Blitar Drs Rijanto dalam sambutannya menyambut baik proyek beasiswa ini, apalagi hal ini sudah dilakukan secara kontinyu oleh Sampoerna Foundation sejak lima tahun silam.

“Walaupun Sampoerna digencet kebijakan cukai yang semakin berat, semoga justru semakin besar karena hanya perusahaan seperti Sampoerna yang memiliki CSR untuk dunia pendidikan,” ujar Rijanto dalam pidato sambutannya.

Eva Sundari pada kesempatan sama juga menyampaikan kegembiraannya, karena dari 120 siswa penerima beasiswa, 90 diantaranya adalah perempuan. “Investasi yang hasilnya terbesar adalah di dunia pendidikan, dan untuk hasil yang maksimal adalah pada pelajar perempuan karena dampaknya kepada dirinya, keluarga, lingkungan dan masyarakat,” jelasnya.

Politisi asal Nganjuk jawa Timur ini juga berharap beasiswa akan diperlakukan sebagai barang modal bagi para pelajar, bukan untuk membeli barang konsumsi seperti handphone misalnya. Oleh karenanya, Eva Sundari menyumbangkan tambahan uang guna membukakan rekening BRI Yunior untuk menampung dana beasiswa dari 120 pelajar tersebut. “Pergunakan uangnya secara pintar ya, ayo tantang diri Anda untuk produktif jangan konsumtif,” cetusnya.

Totok Subihandono selaku Kepala Dinas Pendidikan Kab Blitar mengharapkan pihak Sampoerna Foundation bisa meningkatkan jumlah penerima beasiswa di masa-masa mendatang, khususnya untuk dunia pendidikan di Kab Blitar.

Hal ini kata Totok, bisa membantu para keluarga miskin untuk tidak menghentikan (drop out) pendidikan anak-anak mereka karena alasan biaya. Harapan ini realistis karena Kabupaten Blitar dikenal sebagai pengirim TKI. “Maka meningkatkan produktifitas SDM menjadi kunci untuk menggerakkan perekonomian lokal Blitar,” katanya.

Sampoerna Foundation adalah yayasan independen dan merupakan CSR operator yang menjalankan bisnis sosial dan beroperasi bersama para mitra sebagai donatur. PSF bergerak di bidang pendidikan dan bertujuan memperbaiki kualitas dan akses pendidikan di Indonesia.

Tapi sejak 2005, Putera Sampoerna telah menjual saham perusahaan PT HM Sampoerna Tbk kepada PT Philip Morris Indonesia. Semenjak itu, Putera Sampoerna fokus melakukan kegiatan sosial atau aksi giving back kepada Indonesia melalui pembentukan Sampoerna Foundation. (sak)