Mendulang Untung Saat Daftar Ulang
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Mendulang Untung Saat Daftar Ulang

Sebagai mahasiswa baru, apalagi mahasiswa rantau, tentunya banyak hal yang dibutuhkan namun belum diketahui. Alasan itulah yang membuat SALAM (Sambut Kenal Akrab Mahasiswa Baru) 2016 dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Technopreneurship Development Center (TDC) hadir sebagai solusi.

Berjajar di lorong teras aula Dr Angka Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, berbagai informasi dan keperluan seputar maba dijajakan. Bertepatan dengan momentum daftar ulang SBMPTN 2016, SALAM dan TDC memanfaatkannya untuk mendulang untung.

Tak hanya itu, berbagai organisasi mahasiswa ITS seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) pun turut serta dalam momentum tersebut.

“Dalam sehari kami mampu mendapatkan omzet sebesar Rp 5 juta,” ungkap Intan Nur Amalia, salah satu staff UKM TDC. Intan menambahkan, omzet yang didapatnya kali ini tak seramai saat daftar ulang SNMPTN lalu yang mencapai total omzet Rp 29 juta.

Produk yang ditawarkan beragam, mulai dari seragam pelatihan, jas almamater, makanan, minuman, dan pernak-pernik ITS.

Intan juga menuturkan, mayoritas produk yang dijualnya merupakan barang pre-order atau memesan terlebih dahulu, sehingga untuk momentum Program Kemitraan dan Mandiri (PKM) nanti hampir tidak ada agenda berjualan lagi.

“Produk sepatu dari TDC itu pesan di pengrajin, jadi butuh waktu sehingga tidak bisa mepet. Kalau Program Kemitraan dan Mandiri (PKM) kan mepet jadwal tes,” tambah mahasiswi Statistika 2014 tersebut.

Sedangkan SALAM merupakan satu-satunya stan penyedia informasi seputar mahasiswa baru seperti informasi mengenai penginapan sementara, penginapan gratis, informasi kos, beasiswa dan sebagainya.

Selain itu, SALAM akan mengajak maba 2016 hadir dalam acara talkshow bernama Survive On ITS (SONITS). Rencananya, SONITS akan diselenggarakan Agustus mendatang.

“SONITS akan mengupas tentang kehidupan mahasiswa baru dan kehidupan di kampus perjuangan. Pengisi acaranya juga merupakan tokoh-tokoh pejuang kampus ITS,” ujar Alifah Nur Aini selaku Steering Committee (SC) SALAM.

Mahasiswi yang kerap disapa Ifah tersebut berharap datangnya generasi baru di ITS akan menambah warna-warna kehidupan kampus perjuangan. (sak)