Menpora Minta Kongres PSSI di Jogja
OLAHRAGA

Menpora Minta Kongres PSSI di Jogja

Pemerintah melalui surat bernomor S 844/MENPORA/IX/2016 tertanggal 9 September 2016 menolak Kongres PSSI dilaksanakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Rekomendasi tidak akan diberikan Pemerintah jika Kongres PSSI tetap digelar di Makassar.

Pemerintah hanya akan merekomendasikan Kongres PSSI, jika Kongres dilakukan di Jogja. “Rekomendasi hanya akan diberikan seandainya pelaksanaan Kongres PSSI tersebut diselenggarakan di Jogjakarta,” demikian pernyataan tersebut tercantum di surat yang ditandatangani Menpora Imam Nahrawi.

Pemerintah beralasan, pemilihan Jogja dilandasi keinginan untuk mereformasi PSSI dari titik nol. Seperti diketahui, Jogja adalah tempat kelahiran PSSI.

“Penunjukan Jogjakarta sebagai tempat penyelanggaran Kongres merupakan momentum reformasi total persepakbolaan nasional Indonesia dengan memperhatikan UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragan Nasional beserta peraturan pelaksanaannya,” tulis Menpora.

PSSI memang telah menunjuk Makassar sebagai tuan rumah Kongres PSSI Tahunan yang akan diselenggarakan 17 Oktober mendatang. Itu setelah PSSI mendapat surat pengajuan tuan rumah dari PSM Makassar saat Kongres Luar Biasa Agustus 2016 di Jakarta.

Pada kongres 17 Oktober nanti, pemilihan pengurus baru termasuk ketua umum menjadi agenda utama dalam kongres tersebut. Ada 11 orang yang telah mendaftar sebagai bakal calon ketua umum PSSI, 16 orang sebagai bakal calon wakil ketua umum, dan 48 orang sebagai bakal calon anggota komite eksekutif. (sak)