Mobil Bimasakti UGM Sukses di Jepang
KOMUNITAS PERISTIWA

Mobil Bimasakti UGM Sukses di Jepang

Mobil balap formula Bimasakti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam ajang kompetisi mobil formula karya mahasiswa, Student Formula SAE Competition of Japan di Jepang 6-10 September lalu.

Dalam kompetisi itu tim Bimasakti dinobatkan sebagai tim terbaik yang berhasil mengungguli mobil balap dari tim asal Asia Tenggara lainnya, karena menempati peringkat ke-26 dari 92 tim yang mengikuti kompetisi ini berdasarkan hasil poin secara keseluruhan.

Selain itu, Bimasakti juga berhasil menempati urutan ketiga untuk kategori Overseas Team, bahkan tim asal kota Kota Jogja ini juga berhasil menempati peringkat 3 dalam kategori Efficiency kelas Internal Combustion Vehicle (ICV).

Fajar Fitrahadi Danda, salah satu anggota tim, mengatakan prestasi yang diraih Bimasakti merupakan buah hasil kerja keras tim yang sudah dipersiapkan selama lebih kurang 2 tahun.

“Prestasi yang diperoleh oleh Tim Bimasakti tahun ini merupakan prestasi tertinggi yang tercatat selama Indonesia mengikuti Student Formula Japan SAE Competition,” kata mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM, seperti dirilis Humas UGM.

Fajar menerangkan Bimasakti UGM beranggotakan 28 mahasiswa dari Departemen Teknik Mesin dan Industri, Elektronika dan Instrumentasi, Ekonomika dan Bisnis, serta dua orang dosen pembimbing. Mobil formula yang diikutkan dalam kompetisi mobil formula ke-14 di Jepang ini merupakan mobil formula Bimasakti generasi ke-5.

“Mobil formula yang kita rancang dengan melakukan riset dan upgrading besar-besaran dalam setahun belakangan dan menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan dari prestasi yang sudah kita capai,” katanya

Dalam kompetisi ini Prestasi Bimasakti UGM mengikuti uji Vehicle Examination dan dinyatakan memenuhi standar otomotif internasional atau Society of Automotive Engineers Standar (SAE).

Lolos dari Vehicle Examination merupakan persyaratan tim peserta agar dapat mengikuti Dynamic Event dua hari kemudian. “Mobil dari Bimasakti UGM berhasil lolos Vehicle Examination sehingga berhak melanjutkan kompetisi pada Dynamic Event,” katanya.

Dynamic Event pertama yang diikuti adalah Autocross dengan best laps 1:06:05. Pada hari tersebut Bimasakti UGM Racing Team juga mengikuti Acceleration Event dan Skidpad Event dengan waktu terbaik 5,985 detik dan 6,377 detik secara berurutan. Untuk keesokan harinya, tim ini mengikuti Endurance Event dengan waktu putaran terbaik 1:12:25.

Direktur Kemahasiswaan UGM Dr Senawi mengatakan prestasi yang diperoleh Tim Bimasakti tahun ini merupakan prestasi tertinggi yang tercatat selama tim Indonesia mengikuti Student Formula Japan SAE Competition.

“Dengan prestasi yang telah didapatkan, Tim Bimasakti UGM sangat berpotensi memiliki prestasi yang lebih baik lagi di tahun mendatang,” kata Senawi.

Seperti diketahui, beberapa karya mobil formula yang mengikuti kompetisi sebagian besar pesertanya merupakan mobil balap formula dari universitas yang ada di Jepang dan beberapa tim dari Asia Tenggara seperti Universitas Putra Malaysia, Chulalongkorn University, ITS, UNY, dan Universitas Sebelas Maret. (sak)