Oppo Rebut Empat Besar Pasar Smartphone
PERISTIWA TEKNOLOGI

Oppo Rebut Empat Besar Pasar Smartphone

Oppo semakin menunjukan eksistensinya di pasar global sebagai ponsel yang mengandalkan fitur kamera. Berdasarkan data IDC hingga kuartal pertama 2016, Oppo berhasil meraih market share 5,5 persen.

Pencapaian tersebut menempatkan Oppo di posisi keempat dibawah Samsung (24,5 persen), Apple (15,3 persen) dan Huawei (8,2 persen). Sementara dibawah Oppo ada Vivo yang meraih market share 4,3 persen.

Bagaimana dengan pasar Indonesia? Brand Manager Oppo Indonesia, Alinna Wenxin, mengatakan, perubahan imaji dari smartphone menjadi camera phone cukup berhasil mendongkrak penjualan Oppo di Indonesia.

Bahkan saat ini posisi Oppo sudah terdongkrak ke urutan tiga. “Secara market share, Oppo di Indonesia sudah berada di posisi tiga. Target penjualan satu juta unit (Juni – Agustus 2016) juga sudah tercapai 71 persen,” papar Alinna.

Untuk mewujudkan target tersebut, lanjut Alinna, saat ini pabrik perakitan Oppo di Tangerang telah mempekerjakan 1.500 karyawan. Dalam sebulan, kapasitas produksinya sudah mencapai 550.000 sampai 600.000 unit.

Oppo Electronic Corp Ltd berdiri pada 2004 sebagai produsen elektronik di Dongguan, Guangdong, China. Sebelum merambah ke teknologi Mobile smartphone, Oppo memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player, LCD TV, Portable Media Player, DVD, e Book dan Disc Player.

Baru pada 2008 Oppo mulai menggarap pasar Smartphone. Pada April 2013 Oppo pertama kali menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi.

Sebelum produknya di pasarkan ke Indonesia, Oppo terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, America dan Qatar. Sejak saat itu Oppo terus melakukan promosi memperkenalkan kualitas brandnya melalui berbagai media promosi. (sak)