Optimisme PON Jatim Raih Hasil Maksimal
OLAHRAGA PERISTIWA

Optimisme PON Jatim Raih Hasil Maksimal

Gubernur Jawa Timur H Soekarwo sangat optimistis kontingen Jawa Timur mampu meraih hasil maksimal pada PON XIX/2016 di Bandung. Syaratnya, gelaran multieven olahraga nasional empat tahunan tersebut berlangsung dengan adil.

Demikian dikatakan Pakde Karwo saat melepas kontingen Jatim untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (8/9) sore.

“Semoga wasit benar-benar fair play. Saya doakan para penyogok lupa ingatan. Atlet tampil apa adanya, Jawa Timur menang. Saya tahu persis watak atlet Jawa Timur. Wasit fair play, saya yakin menang,” tegas komandan kontingen Jatim itu.

Sejak 3 tahun lalu, atlet Jatim proyeksi PON sudah dimasukkan dalam program Pusat Latihan Daerah (Puslatda). Mereka tidak hanya digembleng dari segi fisik, namun juga ditempa dari segi mental atau psikologi.

Dalam menjalankan program Puslatda 100/III, KONI Jatim menggandeng sejumlah instansi. Diantaranya Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dan RSUD Dr Soetomo. Bahkan, konsultan olahraga dari Australia Barat turut didatangkan.

“Kesehatan diurus, gizi diurus, psikologi diurus. Kalau masih ada yang kurang, mungkin atletnya kurang tidur. Bukan fisiknya yang tidak bagus, tapi kurang disiplin,” papar pejabat yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Pakde Karwo lantas mengingatkan bahwa seluruh masyarakat Jatim sudah menantikan prestasi para atlet. “Rakyat Jawa Timur sudah sumbang pajak dan menunggu juara. Kita berangkat dari Jawa Timur sebagai pemenang. Kalau sampai gagal, berarti kurang disiplin,” tandasnya.

Adapun kontingen Jatim beranggotakan 1.095 orang. Rinciannya, 737 atlet dan 358 official. “Jawa Timur bertanding di 56 cabor dari 60 cabor,” terang Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung.

Dia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim atas dukungan yang diberikan, sehingga persiapan kontingen Jatim dalam 3 tahun terakhir berjalan dengan lancar.

“Kami menunggu kunjungan Gubernur Jawa Timur dan Forpimda Jawa Timur ke Jawa Barat, untuk memberikan semangat kepada atlet,” harap Erlangga.

Acara pelepasan kontingen Jatim dihadiri sejumlah petinggi. Selain Gubernur Jatim, dan Ketua Umum KONI Jatim, tampak hadir pula Wakil Gubernur Jatim Saefullah Yusuf, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana, Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadi, Kajati Jatim Maruli Hutagalung SH dan lainnya. (sak)