Paket Ekonomi Baru Fokus ke Perumahan
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Paket Ekonomi Baru Fokus ke Perumahan

Presiden Joko Widodo akan meluncurkan paket kebijakan ekonomi ke-13 yang saat ini tengah dilakukan pembahasan. Menurut Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, paket kebijakan ekonomi ke-13 ini akan lebih fokus untuk mempercepat pembangunan rumah murah dan e-commerce yang saat ini tengah berkembang.

“Paket kebijakan terbaru yang akan diluncurkan tetap bergantung pada yang paling prioritas dan menyasar semua sektor. Tapi fokusnya pada kebijakan untuk rumah murah dan bisnis e-commerce,” ujar Teten seperti dikutip laman resmi Setkab, Rabu (3/8).

Teten menyebutkan situasi saat ini belum memuaskan kalangan investor dan pebisnis baik skala besar maupun kecil. Masih cukup banyak regulasi tumpang tindih dan sekarang tengah dipilah untuk disederhanakan. Untuk kemudahan izin pemerintah juga melakukan pemetaan birokrasi yang panjang dan berbelit.

Sekjen Real Estat Indonesia (REI) Hari Raharta membenarkan panjangnya proses perizinan terutama di daerah. Kendati pemerintah saat ini sudah lebih tanggap dan pro pasar perbaikan perlu segera dilakukan agar kalangan pengusaha dapat berbisnis dengan nyaman. Hari menyambut baik rencana pemerintah yang akan meluncurkan paket ekonomi yang menekankan pada industri perumahan.

“Ini akan menjadi faktor pendorong perbaikan industri properti seiring dengan perbaikan regulasi lainnya seperti pelonggaran aturan loan to value (LTV), KPR inden, suku bunga rendah, dan lainnya,” ujarnya. (sak)