Para Jawara Festival Jakarta Kreatif
KOMUNITAS PERISTIWA

Para Jawara Festival Jakarta Kreatif

Acara Festival Jakarta Kreatif 2016 yang berlangsung pada 11-14 Oktober 2016 ditutup Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Pada malam terakhirm sekaligus malam puncak festival dan pengumuman pemenang Jakarta Souvenir Design Award 2016.

“Di tahun ini, saya berharap ke depannya souvenir-souvenir kita ini bisa di jual di mal, di toko-toko, dan di mana saja. Namun, kita ingin sekali nanti ada tempat atau etalase khusus yang bisa menjadi tempat souvenir-souvenir ini dijual. Jadi orang-orang tidak perlu susah mencarinya. Dan kita berharap endingnya kita punya souvenir Jakarta, yakni ‘Jakartaku’,” papar Veronica Basuki TP saat menutup acara.

Gubernur DKI Jakarta Ahok juga turut memberikan komentar terkait berlangsungnya festival. “Saya ingin souvenir Jakarta terkenal. Saya mengucapkan terimakasih pada Dekranasda, karena kerjanya tidak sia-ia selama ini. Harapan ke depannya festival ini akan terus berlanjut ya, yang penting jangan cuma bagus saja namun bisa diproduksi menjadi produk yang layak. Saya ingin acara ini terus berlanjut setiap tahunnya,” papar Ahok.

Pada acara Festival Jakarta Kreatif 2016, terdapat lebih dari 135 peserta, namun hanya ada 84 peserta yang resmi terdaftar. Terdapat tiga kategori, yaitu mahasiswa, umum dan profesional, serta kategori anggota Dekranasda Jakarta. Kategori mahasiswa, juara favorit sosial media diraih Muhammad Nur Ramadhan, yang meraih 316 likes untuk karyanya.

Kategori anggota Dekranasda Jakarta, pemenangnya Aliyah Felicia dari AIU Kraft. Mendapatkan Rp 12,5 juta untuk bantuan uang produksi. Karya souvenirnya berupa tas siap pakai yang menampilkan gambar gedung-gedung di Jakarta, serta tak lupa flora dan faunanya.

Kategori Mahasiswa, pemenangnya Rafida Aprilia Mahmuda dengan karya berjudul ‘Eksplore Jakarta’. Ia merupakan mahasiswa jurusan desain grafis.

Kategori Umum dan profesional pemenangnya Samsul Wahidin. Pria bertubuh tambun itu mendapatkan uang produksi Rp 12,5 juta. “Untuk tahun ini, kami memberikan kejutan dan nuansa berbeda karena adanya juara favorit pilihan para juri,” papar Ketua Juri Pemilihan Jakarta Souvenir Design Award 2016.

Untuk Juara Favorit Juri pertama, diraih Feriana dengan karya ‘Jakarta Colouring Book’. Dan Juara Favorit Juri Kedua, pemenangnya Diki Satriya dengan karya desainnya berjudul ‘Jakarta Sentimental’. Keduanya akan diberikan pelatihan khusus untuk menimgkatkan kualitas produk karyanya.

Sedangkan juara umum yang merupakan peserta dengan desain terbaik, diraih Samsul Wahidin. Ia mendapatkan gelar juara dua kali dan mendapat hadiah tambahan Rp 15 juta. (sak)