Tanjung Emas: Mudah, Murah, Cepat
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Tanjung Emas: Mudah, Murah, Cepat

“Mudah, Murah, Cepat” demikianlah citra Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang yang diimpikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Semarang Trending Topic yang mengambil tema “Modernisasi Pelabuhan Tanjung EmasBagi Kemakmuran Jawa Tengah dan Indonesia”.

Tentu saja diperlukan usaha sangat keras untuk mengubah citra Pelabuhan Tanjung Emas yang selama ini dianggap kumuh dan selalu terkena banjir luapan air laut atau rob.

Namun dengan upaya konsisten dari PT Pelindo III kini dapat dilihat bahwa Pelabuhan Tanjung Emas sudah menjadi pelabuhan yang bersih dan indah serta telah terbebas sepenuhnya dari rob.

Bukan hanya itu, saat ini Pelabuhan Tanjung Emas juga telah menerapkan berbagai macam sistem modern untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kepuasan bagi para pengguna jasa.

Hal tersebut disampaikan GM Pelindo III TPK Semarang, Erry Akbar Panggabean pada diskusi yang juga menghadirkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Satrio Hidayat.

Erry menambahkan bahwa untuk menjamin kecepatan layanan yang diberikan, pihaknya sudah tidak lagi menggunakan alat alat generasi lama, melainkan menggunakan alat modern seperti Automated Rubber Tyred Gantry (ARTG) yang mampu meningkatkan kecepatan dan ketepatan layanan serta lebih aman dari alat generasi sebelumnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah Frans Kongi menambahkan saat ini pelayanan yang diberikan TPKS sudah jauh lebih baik dan memberikan rasa puas kepada para pengusaha yang menggunakan jasanya.

“Oleh karena itu saya berharap agar para pengusaha ikut menggunakan Pelabuhan Tanjung Emas sebagai kebanggaan Jawa Tengah,” ungkapnya.

Ia juga melanjutkan bahwa dengan mulai diperbaikinya infrastruktur yang ada di Jawa Tengah, tentunya akan membantu para pengusaha lebih cepat dalam proses pengiriman barang dari dan ke pelabuhan.

Bukan hanya Frans yang memberikan dukungan perkembangan Pelabuhan Tanjung Emas, Direktur The National Maritime Institute, Siswanto Rusdi juga memberi apresiasi positif terhadap apa yang telah dilakukan Pelindo III Tanjung Emas Semarang. “Pencapaian yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan apabila semua pelabuhan dapat melakukan pengembangan seperti Tanjung Emas, maka pelabuhan akan mampu menjadi motor penggerak perekonomian bangsa. Namun ada hal-hal lain yang menurut Rusdi tetap harus diperhatikan.

Seperti halnya kesiapan menghadapi kapal–kapal besar yang ingin masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas. Karena kapal berukuran kecil umurnya sudah semakin tua dan akan segera digantikan kapal yang mempunyai ukuran lebih besar. Dalam menghadapi hal tersebut, tentu modernisasi yang dilakukan harus selaras dengan maintenance alur yang baik.

Melihat dari perkembangan yang begitu pesat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, nampaknya apa yang diimpikan Gubernur Jateng sudah mulai terwujud. Dengan proses pelayanan yang sangat baik menggunakan alat canggih serta pelayanan ramah, maka tidak berlebihan bila Pelabuhan Tanjung Emas sudah menyandang citra “Mudah, Murah dan Cepat” tersebut. (sak)