Pelindo II Siap IPO-kan Tiga Anak Usaha
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Pelindo II Siap IPO-kan Tiga Anak Usaha

PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) tengah mempersiapkan rencana pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) tiga anak perusahaannya. Hal ini dilakukan guna mendorong pertumbuhan dan ekspansi bisnis, meningkatkan akses permodalan, serta memberikan nilai tambah dalam berkompetisi.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, ketiga anak usaha yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Jasa Armada Indonesia (JAl). Rencananya 30 persen dari jumlah keseluruhan saham yang disetor, dicatat untuk diperdagangkan di pasar saham.

“Kita akan IPO-kan Jasa Armada di bidang perkapalan, PT PTP kemudian Indonesia Kendaraan Terminal,” ujarnya di Bandung, Jumat (7/10) lalu.

Elvyn menjelaskan, perusahaan mengincar penambahan modal sebesar Rp 4 triliun dari hasil pencatatan saham perdana ketiga anak usaha. Uang itu nantinya akan digunakan untuk pengembangan Pelindo II beserta anak usahanya.

Ia menambahkan, manfaat IPO juga dapat membuat anak usaha lebih transparan dari sisi pengelolaan karena banyak yang mengawasi. Adapun target IPO paling lambat 2018 mendatang.

“Manfaatnya punya dana bisa bayar pinjaman, modal bagus, lebih transparan. Paling cepat 2017, paling lambat 2018, sedang proses. Kita tentunya ingin share kepemilikan saham dengan investor dari ketiga perusahaan,” tuturnya.

Elvyn menerangkan, ke depannya perusahaan juga akan membentuk investment company yang secara legal akan beroperasi di awal 2017. Keberadaan investment company ini antara lain sebagai bentuk integrasi bisnis inti dengan ekosistem pendukung serta optimalisasi penggunaan dana global bond. (sak)