Pelindo III Kampanye Maritim di Unram
KOMUNITAS PERISTIWA

Pelindo III Kampanye Maritim di Unram

Pelindo III kembali menggelar Program Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram (Unram) Mataram NTB, Jumat (26/8), untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan kemaritiman pada generasi muda Indonesia.

Unram menjadi lokasi ketiga dari program tersebut. Sebelumnya kegiatan yang sama telah diadakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, pada Februari dan April 2016.

Tema yang diusung untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut yaitu ‘Peran Pemuda Menyongsong Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia 2045’ yang dilaksanakan selama dua hari dengan rangkaian kegiatan seminar berupa aksi “go green” dengan melakukan penanaman ratusan pohon di lingkungan kampus.

Rektor Unram Prof Ir H Sunarpi PhD mengungkapkan bahwa pengetahuan tentang kemaritiman sangat dibutuhkan generasi muda sebagai penerus bangsa karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

“Posisi yang strategis di jalur persilangan dunia, membuat Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemaritiman yang akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dan perdagangan Indonesia,” ujarnya.

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, yang hadir pada hari pertama menuturkan Program Pelindo III Goes to Campus merupakan bentuk dukungan Pelindo III dalam mengenalkan dunia maritim kepada generasi muda. Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga guna mendukung Program Tol Laut yang digagas pemerintahan Jokowi-JK.

Oleh karena itu, sebagai BUMN kepelabuhanan Pelindo III memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut. “Jadi selain mendukung program pemerintah, kami juga ingin mengedukasi dan berbagi seputar perkembangan maritim di Indonesia,” ujarnya lagi.

Pada kegiatan seminar kemaritiman yang diselenggarakan di Ruang Rapat Senat Unram dihadiri tiga narasumber di antaranya Asisten Kepala Biro Perencananaan Strategis Korporat Pelindo III, Edward DP Napitupulu.

Ia memaparkan tentang strategi pengembangan pelabuhan untuk pertumbuhan ekonomi nasional dan penguatan ekonomi lokal salah satunya yaitu pengembangan Terminal Gilimas yang terletak di sebelah barat Pelabuhan Lembar.

“Melalui pembangunan Terminal Gilimas, Pelindo III mengembangkan Pelabuhan Lembar untuk meningkatkan pelayanan pada kapal cruise, agar kapal cruise yang bisa sandar di pulau destinasi favorit pariwisata tersebut semakin besar ukurannya dan semakin banyak jumlahnya. Di samping itu juga sebagai terminal peti kemas baru untuk meningkatkan kelancaran logistik sehingga mendorong geliat perekonomian kawasan di sekitarnya,” paparnya.

Selain itu, pakar kemaritiman Son Diamar yang juga sebagai narasumber berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang konsep Poros Maritim Dunia. Tidak hanya itu, Guru Besar Unram Prof Dr Muchlis MSi turut memberikan paparan pada seminar yang diikuti 300 mahasiswa tersebut.

Kegiatan utama pada hari kedua diselenggarakan penanaman ratusan pohon di lingkungan kampus Unram dan penyerahan bantuan tempat sampah secara simbolis oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heliyanto.

Tidak hanya itu, dalam rangka penyaluran minat dan bakat para mahasiswa, pada masing-masing fakultas diberikan kesempatan unjuk kebolehan dengan menampilkan grup musiknya, yang di sela-sela penampilan dimeriahkan pembagian berbagai doorprize menarik untuk partisipan acara. (sak)