Pelindo III Tambah Alat Bongkar di Kupang
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Pelindo III Tambah Alat Bongkar di Kupang

Pelindo III memperkuat kinerja Pelabuhan Tenau Kupang, NTT, dengan menambah dua unit alat bongkar muat.

Dua unit alat tersebut berupa alat angkat peti kemas, Rubber Tyred Gantry (RTG) yang diangkut dari Tiongkok dengan KM. Bilesboarg yang tiba di Kupang, pekan lalu.

General Manager Pelindo III Tenau Kupang, Denny L Wuwungan, mengungkapkan bahwa dengan penambahan dua unit RTG diharapkan pelayanan pada stakeholder semakin maksimal dan proses kegiatan bongkar muat semakin cepat untuk mendorong perekonomian kawasan timur Indonesia.

Peningkatan kinerja Pelabuhan Tenau Kupang terlihat pada data Pelindo III. Arus peti kemas mengalami peningkatan yang cukup signifikan sebesar 8,6 persen pada semester I tahun 2016 yang mencapai 45.924 boks dibanding semester I tahun 2015 yang sebanyak 42.274 boks.

Selain itu, capaian produktivitas kegiatan bongkat muat pada semester I Tahun 2016 sebesar 48.712 TEUs pun meningkat 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015 yang sebesar 44.012 TEUs.

“Hal tersebut menunjukan bahwa perekonomian di Provinsi Nusa Tenggara Timur semakin meningkat, sehingga Pelindo III akan siap melayani dan menunjang segala fasilitas yang diperlukan untuk membangun kawasan ini,” tegas Denny L Wuwungan. (sak)