Pelindo III Tanjung Perak Sabet Penghargaan
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Pelindo III Tanjung Perak Sabet Penghargaan

Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya berhasil mempertahankan konsistensinya dalam hal peningkatan pelayanan dan fasilitas kepelabuhanannya, hal ini dibuktikan dengan dua penghargaan tertinggi “Prima Utama” unit pelayanan publik di lingkungan Perhubungan 2016 yang berhasil diraih Pelabuhan Tanjung Perak.

Penyerahan Penghargaan diserahkan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi awal pekan lalu di Ruang Mataram Gedung Karya Kementerian Perhubungan kepada 156 unit pelayanan publik sektor transportasi baik unit pemerintahan, BUMN, maupun swasta.

Penghargaan dalam bentuk trophy dan piagam dibagi ke dalam 3 kategori yakni Prima Utama diraih oleh 40 unit pelayanan, Prima Madya 54 unit, dan Prima Pratama sebanyak 23 unit.

GM Pelabuhan Tanjung Perak Joko Noerhudha merasa sangat terhormat menerima dua penghargaan predikat Prima Utama yakni untuk dua inovasi di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara dan Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. “Ini bukti kami berprestasi dan bisa melayani dengan lebih baik,” katanya.

Penilaian Unit Pelayanan Publik dilakukan tim penilai berdasarkan 9 (sembilan) instrumen / kriteria penilaian, yaitu visi misi dan motto pelayanan, standar pelayanan dan maklumat pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana prasarana pelayanan, penanganan pengaduan.

Juga ada Survey Kepuasan masyarakat (SKM), sistem informasi pelayanan publik dan produktivitas dalam pencapaian target layanan. Tim penilainya berasal dari berbagai profesi seperti akademisi, jurnalis dan penilai dari instansi lainnya seperti Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Joko mengatakan dengan diraihnya dua penghargaan tertinggi Prima Utama, merupakan komitmen Pelindo III melayani para pengguna jasa melalui budaya perusahaan, yaitu Customer Focus, Care, Integrity sebagai prinsip peningkatan pelayanan prima.

Joko juga berterima kasih kepada para pelaku usaha yang telah mempercayakan pelayanan kapal kepada Pelindo III. “Dengan penghargaan ini kami berjanji selalu berkomitmen meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan serta peningkatan layanan dan fasilitas di Terminal Penumpang kami,” lanjutnya.

Pemberian penghargaan ini merupakan kegiatan rutin setiap 2 tahunan sejak 2003. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan ini sebagai upaya pemerintah merangsang semangat kreativitas dan memotivasi unit pelayanan masyarakat untuk terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan pada pengguna jasa transportasi.

Pelindo III Group memborong total 12 unit penghargaan yang masing-masing terdiri dari 6 unit pelayanan Prima Utama dan Prima Madya sektor transportasi 2016 dari Kemenhub. (sak)