Pemuda 41 Negara di Indonesia Channel
PERISTIWA SENI BUDAYA

Pemuda 41 Negara di Indonesia Channel

Sebanyak 60 pemuda dari 41 negara sahabat menampilkan seni dan budaya Indonesia dalam acara Indonesia Channel di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Kamis (18/8) malam.

Para pemuda tersebut adalah peserta program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2016. Program BSBI diselenggarakan setiap tahun Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI sejak 2003 dengan total alumni 718 orang dari 63 negara.

Acara dengan tema Thousand Islands Made in Heaven dibuka Menlu RI, Retno LP Marsudi, sekaligus menandai ditutupnya program BSBI 2016 yang dimulai sejak 13 Mei 2016.

Peserta BSBI 2016 berasal dari Azerbaijan, Brunei Darussalam, Kamboja, Kanada, Tiongkok, Ceko, Perancis, Fiji, Jerman, Yunani, Hongaria, India, Jepang, Kazakhstan, Kiribati, Laos, Malaysia, Moldova, Myanmar, Nauru, Belanda, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Papua Nugini, Filipina, Polandia, Rusia, Rumania, Kepulauan Solomon, Slovakia, Slovenia, Serbia, Spanyol, Korea Selatan, Suriname, Thailand, Timor-Leste, Tuvalu, Vanuatu, Vietnam dan Indonesia.

Para pemuda tersebut berada di Indonesia selama tiga bulan untuk belajar bahasa, seni, dan budaya Indonesia di Sanggar Semarandana Bali, Studio Tydif Surabaya, Rumah Budaya Rumata Makasar, Sanggar Syofyani Padang, dan Universitas Pembangunan (UPN) Veteran Jogja.

Mereka juga berkesempatan mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Peringatan Kemerdekaan RI ke-71 dan Silaturrahmi dengan Presiden RI di Istana Negara.

Program BSBI bertujuan meningkatkan promosi dan memperbanyak jumlah sahabat muda Indonesia di luar negeri melalui seni dan budaya. (sak)