Peneliti LIPI Gabung Akademi Ilmuwan Muda Indonesia
KOMUNITAS PERISTIWA

Peneliti LIPI Gabung Akademi Ilmuwan Muda Indonesia

Tiga orang peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yakni Yosmina Tapilatu (Pusat Penelitian Laut Dalam), Suharyo Sumowidagdo (Pusat Penelitian Fisika), dan Lisman Suryanegara (Pusat Penelitian Biomaterial) direkrut dan dikukuhkan menjadi anggota Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI).

Sebelumnya, satu peneliti LIPI telah menjadi anggota ALMI sejak dikukuhkan sebagai anggota perdana pada Mei 2015 silam. Peneliti ini adalah Ahmad Najib Burhani dari Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI.

Untuk diketahui, ALMI merupakan badan otonom yang dibentuk oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), untuk mewadahi ilmuwan muda terkemuka Indonesia dari berbagai institusi dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan budaya ilmiah unggul di tanah air.

Pada tahun ini, ALMI mengukuhkan 27 anggota baru dari berbagai bidang keahlian, baik sosial maupun sains. Bergabungnya para peneliti LIPI pada organisasi tersebut diharapkan mampu mempercepat dan memperkuat perkembangan riset dan ilmu pengetahuan di Indonesia

Ketua ALMI, Jamaluddin Jompa mengatakan, melalui penguatan budaya ilmiah unggul, ALMI diharapkan mendorong komunitas ilmuwan muda Indonesia untuk terus menempa diri guna memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peningkatan daya saing bangsa.

“Kami juga ingin agar mereka menguatkan peran sains dalam pembuatan kebijakan strategis, serta dapat menjadi bagian dari gerakan akademi ilmuwan muda dunia,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Humas LIPI.

Kedepannya, lanjut Jamaluddin, para ilmuwan muda ini diharapkan mampu mendorong terciptanya kemajuan ilmu pengetahuan melalui kolaborasi lintas disiplin di kalangan ilmuwan muda.

“Tidak hanya itu, kami juga berharap para anggota mendorong terciptanya perangai ilmiah dan berkembangnya budaya ilmiah unggul pada generasi muda,” pungkasnya. (sak)