Penggemar Kopi Sambutlah Jacoweek 2016
CANGKIR KOPI PERISTIWA

Penggemar Kopi Sambutlah Jacoweek 2016

Penggemar kopi di Jakarta? 15-16 Oktober 2016 mendatang bakal ada Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2016 yang diselenggarakan di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Jacoweek 2016 ini digagas ABCD School of Coffee dan HYPE. Akan diramaikan gerai coffee shop terbaik di Jakarta dan sekitarnya.

“Acara ini bisa dibilang seperti pameran kopi. Buat yang mau mencoba berbagai jenis kopi, bisa datang ke acara ini. Jacoweek bisa jadi alternatif kegiatan di akhir pekan,” ujar Yudistira, Manager Operasional ABCD School of Coffee dalam jumpa pers di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jacoweek akan menghadirkan 120 stan yang terdiri dari kedai kopi terbaik di seluruh Indonesia. Juga bisa menemukan penjual kopi dan biji kopi, mesin kopi, dan peralatan untuk meracik kopi.

Dalam event ini juga akan diselenggarakan kompetisi kopi skala besar, yaitu ABCD Latte Art Showdown 2016. Adalah kompetisi membuat latte art yang melibatkan lebih dari 60 orang latte artis seluruh Indonesia.

Kedua Battle of Brewers-V60. Ini adalah kompetisi menyeduh kopi secara manual memakai alat V60. Pemenangnya akan dikirim ke Seoul, Korea Selatan mengikuti Seoul International Coffee Show pada bulan November 2016.

Kompetisi ini akan diikuti lebih dari 80 ahli seduh kopi dari seluruh Indonesia. Ada pula cupping, workshop seputar kopi, dan sebagainya.

Hendri Kurniawan, pendiri dan Chief Trainer ABCD School of Coffee menambahkan event Jacoweek 2016 penting sebagai wadah bagi semua penggemar kopi agar turut serta mengembangkan kopi Indonesia. “Kami harapkan ajang ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal kopi Indonesia dan prosesnya,” ujar Hendri.

Jacoweek 2016 akan menjadi ajang pertemuan para pecinta kopi, roaster, barista, coffee owner dan dia harap bisa melahirkan hasil dan kolaborasi yang baik untuk kemajuan kopi Indonesia. Tiket masuknya hanya Rp 10 ribu. “Sambil menikmati kopi, ada pula 30 stan makanan pendamping lainnya di Jacoweek 2016,” tambah Jane Kenny, Business Development Manager HYPE.

Minuman berkafein ini tak hanya memicu semangat peminumnya. Jika menengok data ekspor kopi Indonesia, angkanya pun bergairah.

Kopi asal Indonesia sudah cukup terkenal di seantero dunia. Data Kementerian Perdagangan mencatat, ekspor kopi Indonesia 2015 menembus 1,19 miliar USD. Naik 15,21 persen dibandingkan 2014.

Menurut International Coffee Organization, Indonesia menduduki urutan keempat sebagai produsen kopi terbesar di dunia pada 2014 dengan perkiraan produksi mencapai 622 ribu metrik ton per tahun. (sak/ist)