Pengobatan dan Air Bersih di Kafamenanu
KOMUNITAS PERISTIWA

Pengobatan dan Air Bersih di Kafamenanu

Pernah dengar nama Kafamenanu? Kefamenanu adalah sebuah Kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebuah yayasan sosial, Yayasan Felix Maria Go (YFMG) mengunjungi Desa Naen di Kefamenanu dengan mengadakan aksi sosial berupa pengobatan gratis dan program penyediaan air bersih bagi warga.

Berjarak sekitar 3 km dari pusat desa, yayasan menyumbang bak air berfungsi untuk menyaring air embung menjadi air bersih. Program sanitasi air dari yayasan ini untuk menunjang kesehatan masyarakat khususnya warga Desa Naen.

Melikhior Usfinit, Ketua RW 08 yang membawahi 9 RT, menyambut baik kegiatan sosial yayasan ini. Menurutnya, perhatian dan program aksi sosial seperti ini sangat membantu karena manfaatnya bisa langsung dirasakan warga.

Welfrid Go salah satu dewan penasehat YFMG menambahkan, kegiatan sanitasi air dan pengobatan gratis adalah kegiatan yang saling mendukung dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga.

Anggota YFMG, Cinthya Siego di sela-sela kegiatan ini berkenan mendampingi kelompok masyarakat beranggotaan enam orang dari warga RW untuk memastikan kelangsungan program sanitasi berupa edukasi agar dapat memelihara dan menjaga kelangsungan sistem pemompaan dan pemipaan sanitasi air.

Selain pengobatan gratis dan penyediaan air bersih, aksi sosial ini dilengkapi dengan bantuan berupa sembako bagi warga Desa Naen yang membutuhkan.

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat membantu warga untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan serta kesejahteraan. ”Kedepannya kami berkomitmen untuk terus membantu warga di desa-desa dan daerah untuk mewujudkan kualitas masyarakat yang mandiri,sehat dan sejahtera,” pungkas Cinthya.

Yayasan Felix Maria Go adalah yayasan sosial yang didedikasikan untuk memperbaiki hidup dari orang yang butuh pertolongan, khususnya di Pulau Timor. Didirikan 2011 oleh putra dan putri almarhum Bapak Felix Go dan Ibu Maria Goreti Salassa Go, 10 tahun setelah orangtua mereka meninggal. Tujuannya semata-mata untuk meneruskan semangat, dedikasi dan perasaan kasih sang orangtua.

YFMG fokus pada orang yang membutuhkan bantuan, kaum miskin, kesehatan dan pendidikan ibu dan anak, dan sebagainya. Program YFMG melalui berbagai seperti bantuan langsung, kredit mikro, beasiswa, usaha kecil menengah (UKM), program kesehatan, dan lain sebagainya, termasuk penguatan tradisi dan budaya lokal. (sak)