Penting, Rute Penerbangan Kupang-Darwin
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Penting, Rute Penerbangan Kupang-Darwin

Jalur rute penerbangan baru dari Darwin Australia langsung menuju Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) dianggap sangat perlu. Bisa ikut mendorong lebih banyak wisatawan Australia yang masuk Kupang.

”Sektor pariwisata menempati rangking ke-4 penyumbang devisa negara. Jadi kami menilai, dengan meningkatkan sektor pariwisata, maka akan mampu untuk memperkuat sektor ekonomi,” papar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT Marius A Jelamu saat peluncuran Paket Wisata Maumere di Kementerian Pariwisata Jakarta, beberapa waktu lalu.

Marius menambahkan, NTT memiliki wisata unggulan untuk destinasi, kuliner, dan budaya. ”Saat ini, ada 116 wisatawan yacht yang sedang berkeliling di NTT, menikmati keindahan alam,” ucap Marius.

Akan tetapi, dengan semua keunggulan tersebut, ada permasalahan terbesar dalam upaya penigkatan wisatawan di NTT. Yakni, ‘high-cost journey’ dan waktu tempuh penerbangan yang lama.

”Banyak wisatawan Australia yang memilih untuk mengarah ke negara-negara Pasifik Selatan dibandingkan ke Kupang. Kenapa tidak ke Kupang? Karena rute penerbangan ke Kupang harus ke Denpasar dulu. Sementara ada penerbangan direct dari Darwin ke pulau-pulau di Pasifik Selatan,” kata Marius.

Karena itu, Marius menegaskan bahwa sangat penting untuk menyegerakan pembukaan rute penerbangan baru ke Kupang. Saat ini bandara internasional El Tari melayani Lion Air, Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, Kalstar, Wings Air, Susi Airlines, dan NAM Air.

”Untuk memangkas waktu penerbanan dan biaya, kami sangat mengharapkan secepatnya dibuka rute baru Kupang – Darwin,” ungkap Marius. (sak)