Peparnas XV, Ajang Atlet Difabel Indonesia
OLAHRAGA PERISTIWA

Peparnas XV, Ajang Atlet Difabel Indonesia

Usai perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, Jawa Barat kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga, yakni Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 yang akan dipusatkan di Bandung, 15-24 Oktober 2016.

Peparnas XV 2016 Jabar akan mempertandingkan 599 nomor pertandingan. Dari nomor pertandingan ini terdapat 599 medali emas, 599 perak dan 745 perunggu.

Sedangkan jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri dari 13 cabang olahraga, yaitu atletik, angkat berat, bola voli duduk, bulutangkis, catur, gol ball, judo, renang, panahan, sepakbola, tenis meja, tenis lapangan kursi roda dan bowling.

Pembukaan Peparnas dilakukan di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu (15/10. Opening ceremony ini dijanjikan tidak kalah semarak dengan pembukaan PON XIX beberapa waktu lalu.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang juga Wakil Ketua Umum PB PON XIX dan Peparnas XV/2016 Jawa Barat mengatakan, pihaknya akan menghadirkan pertunjukan seni dan budaya yang berbeda baik di pembukaan maupun di penutupan Peparnas.

“Ada sesuatu yang akan ditampilkan dan tidak ada di PON. Kalau ingin tahu datang aja nanti,” kata Deddy Mizwar, melalui siaran pers, Selasa (11/10/2016).

Menurutnya, PON dan Peparnas memiliki keunikan tersendiri. Kendati demikian, format pembukaan Peparnas akan memadukan tradisi dan teknologi sebagaimana yang dilakukan di PON. Bedanya, kali ini akan disajikan pertunjukkan dari musisi dan seniman difabel.

“Saya kira meriahnya akan sama. Karena perform-nya berbeda. Akan ada kekhasan di Peparnas,” katanya seraya menambahkan.

Pembukaan Peparnas akan dihadiri Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Sebagai tuan rumah, Kontingen Jawa Barat akan menerjunkan 250 atlet, 50 pelatih dan 50 official. Kontingen Jawa Barat dipimpin Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito.

Bambang Waskito menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan tim yang terbaik. Keseluruhan atletnya merupakan hasil seleksi ketat dari seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. Mereka telah melakukan persipan maupun latihan awal tahun. “Kita sudah betul-betul persiapkan dengan serius,” ujar dia.

Sebagaimana PON, target Jawa Barat dalam Peparnas XV adalah Jabar Kahiji alias juara umum. “Kontingen Jabar akan ikut di semua Cabor dan target kita juara umum agar bisa kita sandingkan dengan PON,” tuturnya. (sak)