Peraih Emas Olimpiade Diarak di Surabaya
OLAHRAGA PERISTIWA

Peraih Emas Olimpiade Diarak di Surabaya

Atlet bulutangkis peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro Brazil yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, beserta atlet angkat besi periah medali perak Eko Yuli dan Sri Wahyuni akan diarak di Surabaya. Konvoi dilakukan pada 9 September 2016 saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2016.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas sukses paea atlet mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Mereka akan diarak mulai dari Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, kemudian menuju Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya dengan mengambil rute jalan protokol.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Gatot S Dewabroto mengatakan, mereka akan ditemani Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi serta Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf.

Konvoi menggunakan bus terbuka yang didatangkan dari Malang itu dalam rangka menyemarakkan peringatan Haornas 2016 yang dipusatkan di Jatim. Selain peraih medali Olimpiade ada sejumlah atlet Indonesia yang ikut konvoi. Ada pembalap Indonesia yang pernah setengah musim tampil di F-1, Rio Heryanto, serta atlet yang pernah mengharumkan nama Jatim di ajang internasional.

Dijadwalkan, setelah dari Juanda ke Grahadi, konvoi berikutnya dari Grahadi menuju Gelora Delta Sidoarjo, pusat peringatan Haornas 2016 yang bakal dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Konvoi ini tak beda jauh dengan yang sudah dilakukan di Jakarta. Kami ingin memperkenalkan duta-duta sekaligus pahlawan olahraga yang mengharumkan Indonesia di pentas dunia,” ucap Gatot S Dewobroto kepada media di Surabaya, Senin (5/9).

Menurut dia, dipilihnya Sidoarjo sebagai tempat penyelenggaraan karena pemerintah ingin menggelorakan olahraga di sejumlah daerah dan tak terpusat di DKI Jakarta semata. “Alasan lainnya, karena Jatim merupakan gudang atlet-atlet yang terbukti berkualitas. Ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada Jatim,” katanya.

Dalam peringatan Haornas, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada mantan atlet berprestasi maupun atlet usia muda yang memiliki prestasi tinggi.

Haornas tahun ini mengambil tema ‘Ayo Olahraga Untuk Indonesia Sehat dan Produktif’, dengan semangat Haornas tahun ini masyarakat Indonesia diharapkan kian menggelorakan semangat olahraga sehingga muncul pribadi yang sehat dan produktif. (sak)