Pertamina Lubricants Rilis Meditran SX Bio
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Pertamina Lubricants Rilis Meditran SX Bio

PT Pertamina Lubricants memperkenalkan pelumas terbaru Meditran SX Bio. Ini merupakan pelumas untuk bahan bakar biodiesel, berbahan nabati.

“Kita mengeluarkan produk baru ini merupakan pelumas khusus untuk mesin kendaraan berbahan bakar biodiesel, yang memiliki keunggulan panjang pemakain lebih dari pelumas lainnya,” ujar Vice President Marketing Retail PT Pertamina Lubricants Syafanir Sayuti, di Jakarta awal pekan.

Pertamina Lubricants meluncurkan produk baru ini sebagai wujud nyata dukungan Pertamina sesuai dengan penetapan pemerintah dalam Permen ESDM No 32 tahun 2008 tentang Kewajiban Minimal Penggunaan Bahan Bakar Nabati untuk Berbagai Sektor meliputi industri, komersial dan transportasi.

Dengan pilihan performa level API CH4 dan API C14 Plus, varian Meditran SX Bio tersedia untuk kendaraan penumpang, kendaraan komersial (bus dan truk), serta mesin-mesin industri. Produk ini diformulasikan khusus untuk mesin berbahan bakar biodiesel khususnya B20, yang dirancangan melalui proses yang ketat dan panjang.

Dalam engine test dengan simulasi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas, Meditran SX Bio memberikan performa yang unggul dibandingkan dengan pelumas biasa dalam kemampuannya untuk melindungi mesin saat terjadi kontaminasi biodiesel ke dalam pelumas yang terjadi akibat adanya blow by gas hasil pembakaran.

“Harapan kami untuk produk baru ya tentunya bagaimana itu cepat tumbuh, tapi kalau tumbuh sebenarnya dapat kita tunjukan, tapi bagaimana kita meyakinkan konsumen dulu terhadap kualitas produk kita ini,” kata Syafanir kepada wartawan. (sak)