Pertamina Minta Rio Cari Tim Baru
OLAHRAGA PERISTIWA

Pertamina Minta Rio Cari Tim Baru

PT Pertamina meminta Rio Haryanto mencari tim Formula 1 yang baru pada musim depan balapan jet darat tersebut, setelah pemuda asal Solo itu terdepak dari kursi pebalap utama Manor Racing Team.

“Karena Rio terima tawaran posisi sebagai pembalap cadangan, dia harus bisa selesaikan sisa musimnya. Kami sangat menginginkan Rio mendapatkan tim terbaik, kami sudah minta manajemen Rio yaitu Kiky Sport mencari tim yang sesuai dengan Rio,” kata VP Public Relation Pertamina Wianda Pusponegoro kepad media di Jakarta, akhir pekan lalu.

Tim yang terbaik tersebut, kata Wianda, artinya memahami apa kelebihan dan kemampuan Rio sehingga bisa mengimplementasikan kemampuan Rio secara maksimal. “Pertamina sangat berharap Rio dipertemukan dengan tim yang paham atas kapabilitasnya. Karena kita lihat tim berpengaruh pada performa pembalap, semoga dengan kolaborasi itu menghasilkan prestasi maksimal bagi Rio di lapangan,” ujar Wianda.

Soal tim sendiri, Wianda belum bisa menyebutkan tim mana yang akan diperkuat Rio musim berikutnya. Namun demikian dirinya yakin Rio akan cepat menemukan tim baru dengan bakat yang dimiliki.

“Rio itu merupakan bakat dunia balap yang sangat bagus, dia itu dicari tim, bukan kemudian kita harus tergantung pada satu pihak saja. Selama 12 seri telah kita amati bersama, beberapa kali Rio mengungguli pembalap satu timnya di babak kualifikasi. Dan prestasi itu tentu dilihat tim F1 lainnya,” ucap dia.

Karenanya Pertamina berkomitmen mendukung Rio terus berlaga pada ajang Formula 1 dan meminta semua pihak turut mendukung kiprah Rio tersebut.

“Kita semua harus dukung Rio agar bisa berlomba di F1, sehingga tim lain bisa melihat kemampuan Rio dan dia bisa memilih tim apa yang cocok bagi dia. Kami tidak mau kalau Rio harus turun lagi ke GP2 misalnya. Karena sejak awal, Pertamina ingin mengantar putra bangsa terbaik di ajang F1 ini, ke level dunia,” ujarnya.

Pertamina telah mendukung Rio di ajang balapan sejak 6 tahun lalu. Karena melihat pemuda 23 tahun ini memiliki potensi dan prestasi yang bisa diangkat serta mengharumkan Indonesia di ajang balapan.

Beberapa pihak juga menginginkan Rio bisa memperkuat tim yang lebih baik, pasca pergantian posisi pembalap utama Manor Racing. Dengan memilih tim baru dan memiliki predikat lebih baik, diperkirakan sponsor harus membayar lebih besar, namun Wianda yakin berbagai pihak termasuk BUMN dan lembaga akan mengikuti jejak Pertamina mendukung Rio.

Optimistis Balapan Lagi
Rio sendiri masih optimistis bisa balik menjadi pembalap utama di ajang F1. “Saya optimistis kembali lagi menjadi pembalap utama, support dari Pertamina begitu deras. Saya akan berusaha semaksimal mungkin bisa kembali lagi menjadi pembalap utama,” kata Rio di stan Pertamina pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show, akhir pekan lalu.

Rio mengatakan saat ini menjadi pembalap cadangan tim Manor Racing, apabila ada pembalap cedera dan tidak bisa tampil, dia akan menggantikan. “Saya bersyukur sekali dan banyak yang support saya walaupun sudah tidak menjadi pembalap utama,” kata Rio.

Rio terus bekerja keras bisa menjadi pembalap utama dan menjadi yang terbaik di ajang balapan jet darat ini agar bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Saya minta doa dan dukungannya agar saya bisa terus berkiprah di Formula 1, terima kasih untuk Pertamina yang sudah mendukung terus karier saya di ajang balap mobil,” kata Rio.

Wianda menegaskan Pertamina akan terus mendukung pembalap Indonesia, seperti Rio di ajang Formula 1, Sean Gelael di ajang GP 2 series, serta Ali Adrian pembalap moto2 European Championship. “Mereka ini aset negara jadi harus didukung penuh. Pertamina sebagai bagian dari negara terus mendukung atlet cabang otomotif bisa juara di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.