Pesona Indonesia Raih TripAdvisor Award
JALAN-JALAN PERISTIWA

Pesona Indonesia Raih TripAdvisor Award

Dalam rangkaian acara pembukaan pameran dan bursa pariwisata terbesar se-AsiaPasifik, PATA Travel Mart 2016, Indonesia juga mendapatkan sembilan predikat terbaik dari portal perjalanan wisata internasional, TripAdvisor yang diterima langsung Menteri Pariwisata, Arief Yahya dari VP Global Display Sales at TripAdvisor, Martin Verdon-Roe.

Kesembilan penghargaan yang diterima Indonesia sebagai tujuan wisata para wisatawan Internasional versi TripAdvisor antara lain:

1. Ubud, Bali menyabet peringkat 10 dari 25 destinasi terbaik di dunia dan peringkat tiga dari 25 destinasi terbaik di Asia.
2. Pulau Bali menyabet peringkat lima dari 10 pulau terbaik di dunia, dan peringkat satu dari 10 pulau terbaik di Asia.
3. Lombok, NTB, menyabet peringkat lima dari 10 pulau terbaik di Asia.
4. Gili Trawangan, Lombok, NTB, menyabet peringkat enam dari 10 pulau terbaik di Asia.
5. Pura Tanah Lot menyabet peringkat ke 18 dari 25 landmark (obyek wisata) terbaik di Asia.
6. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, menyabet peringkat ke-21 dari 25 landmark (obyek wisata) terbaik di Asia.
7. Pantai Gili Meno, Lombok, NTB, menyabet peringkat 11 dari 25 pantai terbaik di Asia.
8. Pantai Balangan, Bali, menyabet peringkat 17 dari 25 pantai terbaik di Asia.
9. Pantai Nusa Dua, Bali, menyabet peringkat 24 dari 25 pantai terbaik di Asia.

Kemenpar yang diwakili Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana menegaskan, penghargaan ini menaikkan level 3C kita yaitu confidence, credibility dan calibration hingga sangat membanggakan.

“Sangat membanggakan karena pemenang dari penghargaan TripAdvisor Travellers Choice ini dipilih berdasarkan jutaan ulasan dan opini yang dibuat wisatawan seluruh dunia. Semua dihimpun dari penilaian 12 bulan,” paparnya.

Terlebih pemilihan penghargaan ini menggunakan algoritma yang memperhitungkan kualitas dan kuantitas ulasan, peringkat dan penilaian yang objektif pada setiap kategori penghargaan. “Jadi semuanya dihitung secara fair,” imbuh Pitana.

Ditambah pada tahun ini ada juga kategori “Top 25 Destinations in the World.” Di sini Indonesia diwakili Ubud. Indonesia boleh berbangga. Pasalnya, Kecamatan Ubud di Kabupaten Gianyar, Bali yang terkenal akan keindahan alam dan seni yang memukau menyabet peringkat 10 dari 25 destinasi wisata terbaik di dunia mengungguli kota-kota ternama di dunia, seperti Dubai yang berada di peringkat 13, Bangkok di peringkat 15, Tokyo di peringkat 21, dan Sydney di peringkat 24.

Dan yang juga mengembirakan adalah Pulau Bali yang berada peringkat 5 kategori “Top 10 Islands in the World” yang juga menjadikan Pulau Dewata sebagai peringkat 1 pada lingkup Asia bersama Lombok (5) dan Gili Trawangan (6), pada lingkup kategori ini Indonesia bersaing ketat dengan Thailand dan jauh meninggalkan Malaysia.

Penghargaan dari TripAdvisor adalah salah satu penghargaan bergengsi di dunia traveling. Sebab, situs yang berdiri sejak tahun 2000 ini sejatinya adalah kumpulan review dari para pelancong yang saling membantu memudahkan penyebaran informasi di antara sesama pejalan.

Situs ini sudah lama diandalkan para pelancong dunia dan umumnya pemenang penghargaan akan mendapat plakat dari TripAdvisor. Indonesia di TripAdvisor Travellers Choice Award 2016 bersaing ketat dari segi pariwisata dengan negara lain di ASEAN, yakni Thailand. (sak)