Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016
JALAN-JALAN PERISTIWA

Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi melaunching Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata, akhir pekan lalu.

Penyelenggaraan festival pariwisata dan budaya Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 akan berlangsung di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang pada 20-26 Juli 2016 dalam rangka mempromosikan Bangka Belitung sebagai destinasi pariwisata unggulan. Rencananya, kegiatan ini akan melibatkan 16 provinsi lain.

Menpar memberi apresiasi atas penyelenggaran acara yang akan mempertunjukan pesona berbagai daerah di Indonesia termasuk pesona Bangka Belitung yang kini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Bangka Belitung banyak menarik perhatian wisatawan sejak digunakan dalam setting film Laskar Pelangi. Sejak itu, keindahan pantai yang ada di sana mendapat sorotan yang lebih banyak dari sebelumnya. “Bangka Belitung memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata. Banyak pantai indah yang belum banyak terjamah manusia yang bisa dikunjungi di sana,” kata Menpar.

Selain itu, keragaman budayanya juga menarik. Dampak secara nasional total wisnus yang berkunjung ke 5 Kota yang dilalui gerhana matahari total (GMT) ini sebanyak 432.196 orang atau 106 persen melebihi target yang ditetapkan Kemenpar sebanyak 210.000 orang. Total nilai ekonomi selama GMT 2016 di 5 kota sebesar Rp 109,5 M atau 30 persen melebihi target yang ditetapkan sebesar Rp 84 miliar.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Rustam Effendi yang hadir dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Provinsi Bangka Belitung layak menjadi destinasi wisata kelas dunia. “Terkait kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung yang terus meningkat, hal ini tidak terlepas dari momen kunjungan wisatawan besar-besaran ke Bangka Belitung saat peristiwa GMT 2016,” kata Rustam.

Hal ini akan terus dijaga, antara lain dengan mengadakan secara terus menerus event-event besar yang menarik dan unik. Salah satu diantaranya adalah apa yang akan dipentaskan di Pangkalpinang, ibukota provinsi kepulauan Bangka Belitung, berupa Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016, jelas gubernur.

“Istilah serumpun sebalai adalah filosofi masyarakat Bangka Belitung, yang menggambarkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, yang sampai sekarang tetap hidup dan diterapkan masyarakat Bangka Belitung,” kata Rustam.

Adapun beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain Festival Seni Tradisi Bangka Belitung; Seleksi Tari Serumpun Sebalai; Festival Tari Nusantara; dan serangkaian acara hiburan seperti penampilan artis Ibukota; pertunjukan musik; percusion SMU Pakal Pinang; sulap; Defile peserta Parade Tari Nusantara; serta penganugerahan penampilan terbaik.

Artis Ibukota yang akan tampil adalah Aura Kasih dan Wita Band yang merupakan Band terbaik asal Bangka Belitung. Selain itu juga ada penampilan pesulap terbaik asal Bangka Belitung yang bernama Toni dan Yoko. Mereka berdua juga merupakan peraih Medal Of Merlin tahun 2016 dari Lembaga International Magician Society. (sak)