PGRI Motor Peningkatan Kualitas Guru
KOMUNITAS PERISTIWA

PGRI Motor Peningkatan Kualitas Guru

Wakil Gubernur Jawa Timur menegaskan peranan guru dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa sangatlah penting. Untuk itu PGRI sebagai organisasi guru jadi andalan dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya kualitas guru.

Hal itu disampaikan Saifullah Yusuf dalam membuka Peingatan Hari Guru Nasional 2016 di Gelora ajung kabupaten Jember, Sabtu (19/11).

“PGRI salah satu kekuatan dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar anak didik. PGRI juga menjadi kekuatan penting di dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas. Intinya, jangan pernah berani-berani terhadap guru terutama kepada PGRI,” ungkap Gus Ipul—panggilan akrab orang nomor dua di Jawa Timur sekaligus membuka acara Hari Aksara Internasional.

Dikatakan, keberadaan PGRI telah diapresiasi sebagai organisasi kuat, utuh, solid sekaligus memiliki komitmen dalam memperjuangkan kepentingan guru. Modal inilah yang terus dikontribusikan secara nyata.

Khusus kepada guru, Gus Ipul menegaskan saat ini para guru telah bekerja secara nyata dan terus mengembangkan diri sesuai dengan kemajuan zaman.

“Ini yang patut kita syukuri ditengah-tengah masih belum optimalnya kesejahteraan yang diberikan pemerintah, guru terus mengabdi memberikan sumbangsih besar bagi kemajuan pendidikan di Indonesia,” urainya.

Sebaliknya, Gus Ipul juga berharap agar guru senantiasa meningkatkan kemampuan diri secara bertahap. Selain itu juga mengajak pada guru untuk hijrah dari pikirian-pikiran konvensional menjadi lebih baik. Kesemuanya itu akan berdampak kepada meningkatnya kualitas guru dan kesejahteraanya.

Pemerintah, lanjut Gus Ipul akan terus berusaha meningkatkan kualitas guru melalui regulasi maupun kebijakan yang berdampak nyata.

“Disaat pemerintah berusaha meningkatkan kualitas guru melalui regulasi, guru juga dituntut terus mengasah kemampuan dengan belajar secara terus menerus,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati KH Abd. Mukhid mengatakan, bahwa guru adalah pencetak generasi penerus masa depan. Peran guru tidak bisa digantikan dengan peran lainnya didalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, guru merupakan elemen penting bagi pembangunan pendidikan di Jember.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pencanangan Jatim sebagai Provinsi Pendidikan Inklusi sebagai upaya untuk membudidayakan pendidikan untuk semua yang berkeadilan, modern, bermartabat dan tanpa diskriminasi. (sak)