Ponsel Orang Indonesia untuk Cari Berita
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Ponsel Orang Indonesia untuk Cari Berita

UC Browser merilis haris survei tentang penggunaan internet di Indonesia. Hasilnya, sekitar 95,4 persen pengguna internet di Tanah Air membaca dan mencari berita melalui telepon seluler (ponsel).

Menurut penyedia layanan mobile internet software yang merupakan bagian dari Alibaba Mobile Business Group itu, hasil survei berikutnya adalah melalui TV sebesar 45,9 persen, koran/majalah 20,9 persen, komputer (personal computer/PC) 15,3 persen dan radio 6,7 persen.

“Pengguna internet mobile di Indonesia cenderung meninggalkan media konvensional sebagai sumber informasi, dan beralih menggunakan internet sebagai pilihan utama untuk mendapatkan informasi dan hiburan,” ungkap juru bicara UC Browser dalam rilisnya.

Hasil survei tersebut juga didukung data dari Aseanup.com yang menyatakan, Indonesia merupakan negara mobile first dengan 61 persen pengguna internet mengakses melalui perangkat mobile dan 39 persen melalui PC.

Dalam hal konsumsi media, Indonesia memiliki angka konsumsi media yang tinggi sebanyak 540 menit per hari. Konsumsi media di perangkat mobile mengambil bagian 291 menit per hari, lebih tinggi dari konsumsi media di TV, PC dan laptop.

Tak hanya itu, data dari UC Browser juga menunjukkan bahwa 75,6 persen pengguna internet mobile di Indonesia membaca berita di ponsel lebih dari tiga kali sehari, dengan 11,8 persen di antaranya melakukan 2-3 kali sehari dan 11,1 persen nya satu kali sehari.

Data ini juga menunjukkan bahwa 56,5 persen pengguna internet di Tanah Air rata-rata membaca 4-12 artikel berita per hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa konsumsi konten berita di Indonesia telah memasuki era baru, berubah dari media tradisional ke perangkat mobile.

“Meningkatnya konsumsi berita tidak hanya meningkatkan permintaan terhadap konten, tetapi juga menjadi peluang untuk meningkatkan trafik bagi penyedia konten,” jelas UC Browser. (sak)