Promosi Dagang Hingga Kaledonia Baru
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Promosi Dagang Hingga Kaledonia Baru

Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney menggunakan seminar promosi Trade With Remarkable Indonesia untuk menjaring buyers potensial asal Kaledonia Baru. Pengusaha negeri itu diajak datang dan meraih keuntungan besar di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 di Jakarta, 12-16 Oktober 2016 mendatang.

Kepala ITPC Sydney, Agung Haris Setiawan meyakinkan ajang ekspo TEI 2016 akan memberi peluang besar bagi para pelaku usaha. “Beberapa pengusaha telah menyampaikan keinginannya mencari pemasok dari Indonesia dan hadir dalam TEI 2016,” tutur Agung.

Antusiasme para pengusaha Kaledonia Baru dalam kegiatan di luar perkiraan semula. Jumlah pengusaha yang hadir dalam pertemuan tersebut menjadi bukti semakin meningkatnya minat pengusaha Kaledonia Baru yang tertarik untuk berbisnis dengan Indonesia.

Agung menyampaikan, peluang peningkatan perdagangan Indonesia dan Kaledonia Baru masih terbuka luas. Ekspor Indonesia ke Kaledonia Baru dalam kurun waktu 10 tahun terakhir menunjukan tren positif. Produk Indonesia juga sangat variatif, berkualitas, dan dapat memenuhi pasar Kaledonia Baru.

“ITPC Sydney bekerjasama dengan KJRI Noumea melakukan pendekatan dan memberikan informasi awal mengenai hal-hal yang dapat dipersiapkan untuk TEI 2016 nanti. KJRI Noumea memastikan informasi terkait produk Indonesia, agar dapat disebar melalui kegiatan promosi perdagangan yang dilakukan KJRI Noumea dalam waktu dekat,” ungkap Agung.

Seminar yang digelar KJRI Noumea dan Chambre de Commerce et d’Industrie (CCI) Kaledonia Baru ini, berlangsung di Auditorium CCI, Noumea. Lebih dari 70 pelaku usaha Kaledonia Baru hadir, dan mayoritas para pelaku usaha belum pernah menjalin hubungan bisnis dengan Indonesia.

Ketua Kadin Kaledonia Baru, Jennifer Seagoe, mengapresiasi atas upaya KJRI Noumea memajukan kerjasama perdagangan Indonesia dan Kaledonia Baru. Diakui Jennifer, hubungan itu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Perekonomian Indonesia terus mengalami pertumbuhan sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara berkembang yang kuat.

Menurutnya, terlihat jelas keberadaan Indonesia di forum internasional seperti G-20. Karena itu, Jennifer mendukung pelaku bisnis Kaledonia Baru memanfaatkan TEI 2016 untuk mendapatkan berbagai produk yang ingin dipasarkan di Kaledonia Baru.

Kaledonia Baru adalah negara bekas jajahan (sui generis) Perancis. Merupakan kepulauan seluas 18,575 kilometer persegi di barat daya Samudera Pasifik yang ditemukan penjelajah James Cook pada 4 September 1774 saat melakukan perjalanan keduanya di Pasifik. Ia namakan wilayah ini Kaledonia Baru karena teringat tanah kelahirannya, Skotlandia. (sak)