Proyek Rel Bandara Sudah Masuk Soetta
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Proyek Rel Bandara Sudah Masuk Soetta

Pengerjaan proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sudah mulai memasuki area bandara. Rel kereta yang merupakan terusan dari percabangan rel dekat Stasiun Batu Ceper tersebut nampak telah terpasang hingga area pengendapan bus dan kantor manajemen Garuda Indonesia di dalam area Bandara Soetta.

Rel kereta itu sudah membentang dari arah bekas pintu M1 yang sudah lama ditutup menuju proyek pembangunan stasiun kereta bandara. Sejumlah pekerja terlihat sibuk merapikan kerikil untuk bantalan rel kereta dan sebagian lagi sedang memasang bagian-bagian rel yang terdiri dari dua rangkaian.

Jika dilihat dari kejauhan, tepatnya dari belokan Terminal 1 ke arah Terminal 2, peron di dalam area pembangunan stasiun juga nampak sudah berdiri. Beberapa gundukan tanah masih terdapat di lokasi, bersamaan dengan aktivitas pekerja proyek di sekitarnya.

Dengan sudah terpasangnya rel kereta api di dalam area bandara, tidak ada lagi putaran balik di jalan depan tempat pengendapan bus dan kantor Garuda Indonesia, atau yang dikenal dengan nama Jalan M2. Sebagai gantinya, PT Angkasa Pura II membangun jembatan memutar bagi pengendara yang ingin menyeberang dari sisi jalan yang satu ke jalan lainnya di sana.

Marketing Public Relations PT Kereta Api Properti Manajemen (KAPM) Riesta Junianti menuturkan, pihaknya saat ini sedang fokus mengerjakan instalasi listrik aliran atas (LAA) untuk kereta bandara.

Pengerjaan listrik aliran atas ini diprediksi memakan waktu cukup lama karena berkaitan dengan instalasi lain yang sudah ada di bandara.

“Hal yang jadi kendala itu banyaknya fasilitas operasi bandara berupa kabel power, telekomunikasi, dan fasilitas untuk pengaturan operasi pesawat dan fasilitas lainnya di lokasi pemasangan jaringan LAA tersebut,” kata Riesta seperti dikutip Kompas.com.

Rencananya, pengerjaan proyek kereta bandara ini akan rampung pada Mei 2017 mendatang. Kehadiran kereta bandara diharapkan mempermudah mobilitas penumpang dan pengguna jasa untuk pergi dari maupun ke Bandara Soetta. (sak)