PT NMU Siap Masuk Holding RS BUMN
PEMERINTAHAN PERISTIWA

PT NMU Siap Masuk Holding RS BUMN

Rencana pemerintah segera membentuk holding (perusahaan induk) rumah sakit hasil spin off anak usaha beberapa BUMN, disambut baik pihak PT Nusantara Medika Utama (NMU). PT NMU adalah anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X.

Direktur Utama PT NMU, Ibnu Gunawan, di sela gathering dan talkshow yang diselenggarakan oleh PT NMU di Batu, Malang beberapa waktu yang lalu mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai hal guna menunjang kebijakan tersebut, antara lain dengan penyempurnaan pelayanan serta kinerja dari PT NMU.

“Setelah menjadi anak usaha kami bisa melakukan perencanaan bisnis secara lebih fokus. Selain itu juga tercipta cost leadership sehingga semua peren canaan ekspansi yang kami lakukan bisa lebih tepat guna dan tepat hasil,” tuturnya pria yang saat ini ditunjuk sebagai Wakil Ketua Tim Sinergi Holding RS BUMN ini,

Pihaknya percaya, tantangan akan jauh lebih sulit setelah pembentukan Holding RS ini, namun jika ditangani melalui sistem manajemen dan SDM yang baik maka akan menjadi peluang yang makin besar ke depan.

Perlu diketahui saat ini rumah sakit milik BUMN berjumlah 79 unit yang tersebar di seluruh Indonesia, di antaranya PT Pertamina, PT Bukit Asam, Pelindo I, II, III, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I, II, III, IV, V, VIII, X, XI, XII dan XIII.

Dengan pembentukan holding rumah sakit milik BUMN ini, imbuh Ibnu, diharapkan bisa menjadi perusahaan penyedia layanan kesehatan berkelas dunia, terpercaya, dan memiliki daya saing.

Selama itu, banyak warga Indonesia terutama segmen menengah atas berobat keluar negeri dengan total biaya mencapai puluhan triliun per tahun, sehingga menjadi peluang RS BUMN untuk melakukan berbagai terobosan untuk menambah kepercayaan masyarakat. (sak)