PT Solo Murni Ikat Kerjasama di Budapest
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

PT Solo Murni Ikat Kerjasama di Budapest

Kemendag kembali mengantar produk Indonesia bersinar di kancah global. Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest memfasilitasi pertemuan produsen stationery (alat tulis) asal Indonesia PT Solo Murni dengan distributor berkualitas Eropa, Cardex Europe Kft.

Fasilitasi ini sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada pembalap F-1 asal Indonesia, Rio Haryanto. “Pertemuan ini menjadi peluang promosi dan branding produk Indonesia melalui penampilan Rio di ajang F1, mengingat PT Solo Murni menjadi salah satu sponsor Rio di ajang balapan mobil tersebut,” tegas Kepala ITPC Budapest Hikmat Rijadi yang menyaksikan pertemuan tersebut pada Jumat (22/7), di Budapest.

Fasilitasi ini membuahkan peluang kerjasama bisnis antara kedua pihak. Beberapa produk seperti gift bag, wrapping paper, stofmap, ordner, books boxes, dan paper boxes mulai mendapatkan peluang order.

Selain produk alat tulis, saat ini PT Solo Murni dengan produk Solo Murni Security (SMS) juga sedang menjajaki kerjasama dengan pengusaha Hongaria untuk distribusi kartu elektronik seperti sim card dan paying card untuk mobilephone di Eropa.

Sebelumnya, berkat fasilitasi yang dilakukan ITPC Budapest pada 2015, sebanyak dua kontainer produk desk planner Indonesia telah sukses menembus pasar Hongaria.

PT Solo Murni merupakan produsen alat tulis merek KIKY. Sementara Cardex Europe Kft merupakan pemilik lisensi untuk produk Hallmark, serta produk-produk berlogo UNICEF.

“Kami mengharapkan fasilitasi ini mampu meningkatkan produk-produk PT Solo Murni lainnya agar segera menyusul masuk ke Hongaria sebagai pintu ke kawasan Eropa Tengah dan Timur,” ujar Hikmat.

Pemilik PT Solo Murni, Sinyo Haryanto dan Managing Director Cardex Europa Kft Baláz Pulay, sangat puas atas kerjasama yang telah berjalan selama kurang lebih setahun ini. “Kami sangat puas dengan produk desk planner yang dibuat PT Solo Murni, kualitasnya sangat bagus,” ujar Balás Pulay.

Sementara Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobosangat mendukung dan mengapresiasi kerjasama ini. “Saya berharap peluang berharga seperti ini bisa terus dimanfaatkan untuk penguatan kerjasama bisnis pengusaha Hongaria dan Indonesia. Selain itu, kehadiran Rio sebagai pembalap F1 Indonesia semoga mampu memberi kesan positif bagi promosi Indonesia di dunia,” ujar Wening. (sak)