Raih Emas Setelah Menunggu 58 Tahun
OLAHRAGA

Raih Emas Setelah Menunggu 58 Tahun

Penantian panjang Tim Selecao Brasil merasakan medali emas cabang sepakbola akhirnya membuahkan hasil gemilang. Untuk kali pertamanya sejak Olimpiade 1952, tim tuan rumah Olimpiade 2016 ini meraih medali emas setelah menundukkan “Panser” Jerman 5-4 dalam drama adu penalti, Sabtu (20/8) waktu setempat atau Minggu dini hari.

Sukses merebut emas sepakbola menjadi catatan pertama bagi Negeri Samba. Kendati kerap melaju ke final pada olimpiade-olimpiade sebelumnya, Selecao selalu gagal. Terakhir pada Olimpiade 2012 di London, dimana Brasil juga diperkuat Neymar, hanya mampu merebut perak.

Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1 sepanjang 120 menit. Adalah Neymar yang tampil sebagai bintang lapangan tim Brasil. Pemain yang merumput bersama Barcelona itu tidak saja tampil sebagai penentu kemenangan timnya saat adu penalti, tapi juga menjadi pencetak gol di waktu normal.

Neymar mencetak gol Brasil pada menit ke-27. Sayangnya, keunggulan 1-0 itu sirna ketika kapten tim Jerman, Max Meyer, berhasil membalas pada menit ke-59 untuk membuat skor sama kuat 1-1. Upaya Brasil untuk menuntaskan pertandingan dengan kemenangan dalam waktu normal pun tak mampu dilakukan.

Perlawanan sengit yang diperlihatkan Jerman memaksa pertandingan harus dilanjutkan denagn perpanjangan waktu. Sepanjang 30 menit, pertarungan tetap tak menghasilkan pemenang sehingga penentuan pun harus dilakukan lewat drama adu penalti.

Lima eksekutor penalti Brasil tanpa kesulitan berarti mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sebaliknya Jerman, dari lima penendang yang tampil, hanya empat pemain yang sukses menjalankan tugasnya. Satu pemain, Nils Petersen, tak berhasil mengeksekusi penalti.

Pada perebutan tempat ketiga antara Nigeria melawan Honduras dimenangkan Nigeria 3-2. Wakil Afrika itu pun berhak atas medali perunggu. (sak)