Raisa di Banyuwangi Beach Jazz Festival
JALAN-JALAN PERISTIWA

Raisa di Banyuwangi Beach Jazz Festival

Festival Jazz tahunan kebanggaan masyarakat Banyuwangi bertajuk Banyuwangi Beach Jazz Festival (BBJF) 2016 kembali digelar, 13 Agustus mendatang dengan lokasi sama, yaitu di Pantai Boom.

Penyelenggaraan BBJF kali ini berbeda, dengan desain panggung cantik yang mampu menampilkan keindahan pantai dan menghadirkan penyanyi-penyanyi muda yang tidak kalah pamornya dengan senior mereka di peta musik Jazz Indonesia.

Sederet artis jazz lokal yang telah lulus seleksi sejak Mei lalu akan berbagi panggung dengan artis papan atas seperti Raisa, Tulus, Rezki Febrian, White Shoes and The Couples Company, Bunglon, Barsena dan masih banyak lagi.

Mengusung tema “Jazz Rise and The Next”, BBJF 2016 mengapresiasi semangat baru kalangan muda terhadap antusiasme genre musik Jazz di Banyuwangi dan berharap Jazz di Banyuwangi terus berkembang.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan BBJF bukan hanya mendukung perkembangan musik Jazz di Banyuwangi tapi juga menjadi wadah apresiasi bagi bakat anak-anak muda dengan menyediakan ruang kreatifitas bagi mereka.

“Kami serius memikirkan kelestarian lagu daerah sebagai identitas daerah, maka itu tradisi kolaborasi unik yang memadukan musik daerah dengan sentuhan jazz kontemporer akan tetap dipertahankan,” ungkap Azwar Anas dalam rilisnya.

Tiket BBJF 2016 dibandrol dengan harga mulai kelas festival Rp 300 ribu, wings kanan/kiri Rp 500rb, VIP Rp 1,2 juta, dan VVIP Rp 2 juta. Baru tahun ini, untuk menampung antusiasme penonton, panitia menyediakan kelas festival. Penonton akan disuguhi alunan Jazz didukung multimedia efek yang akan menambah keindahan pantai Boom.

Sebenarnya tak hanya BBJF dalam rangkaian Banyuwangi Festival 2016. Ada 4 event jazz lainnya yang diadakan dikabupaten paling ujung timur pulau Jawa ini, yaitu Ijen Summer Jazz Java Banana tiga kali setahun dan ada Student Jazz.

Ijen Summer Jazz Java Banana 2016 gelar 30 Juli, 10 September dan 22 Oktober. Kegiatan ini murni support swasta dan dimasukkan dalam Banyuwangi Festival. Konsep privat Jazz yang akan ditonton 300 orang ini akan menyuguhkan musik jazz dengan keindahan lereng Gunung Ijen.

Dan sesuai namanya Student Jazz ini merambah ke dunia remaja. Jazz khusus anak sekolah dan kuliah disuguhkan disini. Tak hanya hiburan, ajang lomba bermusik jazz ini digelar selama dua hari. Event ini sudah dilaksanakan 22-23 April 2016 lalu.

Ajang wisata sejuta pesona Banyuwangi Festival sudah digelar sejak 2012 menampilkan berbagai potensi Banyuwangi, mulai kekayaan seni dan budaya, event olahraga dan pariwisata, sampai kearifan lokal melalui sebuah festival yang unik dan kreatif.
(sak)