Ramadhan, Pengiriman Paket 1 Juta  per Hari
EKONOMI BISNIS PERISTIWA

Ramadhan, Pengiriman Paket 1 Juta per Hari

PT Pos Indonesia (Posindo) menyatakan Lebaran Idul Fitri tahun ini memberikan berkah yang besar bagi perseroan. Sepanjang Ramadan hingga Lebaran pengiriman yang menggunakan jasa Posindo tembus di atas satu juta paket per hari.

Dirut Pos Indonesia, Gilarsi Wahyu Setijono mengatakan pengiriman paket pada kondisi normal mencapai 600.000 paket. Sedangkan menjelang Lebaran, pengiriman paket mencapai satu juta.

“Per hari itu kira-kira mungkin 600.000 paket. Itu regular day. Kalau Lebaran di atas satu juta paket,” kata Gilarsi saat halal bihalal di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (11/7).

Gilarsi menjelaskan pengiriman Lebaran tahun ini meningkat 30-40 persen dibandingkan tahun lalu. Ia menilai angka ini cukup signifikan. Pengiriman terjadi hampir di semua daerah dengan tujuan pengiriman pun beraneka ragam.

“Naik luar biasa. Saya belum lihat angkanya. Tapi kelihatannya ada kenaikan sekitar 30 persen sampai 40 persen. Di semua hub-hub besar itu kita dua kali lipat,” jelas dia.

Peningkatan pengiriman ini karena selama enam bulan belakangan perusahaan pelat merah tersebut sudah memecahkan bottleneck yang selama ini menjadi hambatan Pengiriman. Sehingga tidak terdapat penumpukan paket selama Lebaran.

“Semuanya meningkat banyak dan signifikan. Karena kita sudah bongkar bottleneck. Justru itu kita paling berhasil,” ungkap dia.

Meskipun belum mempunyai angka pasti dan statistik pengiriman paket selama Lebaran, Gilarsi memprediksi ramainya pengiriman barang akan terus berlangsung sampai dua minggu setelah Lebaran.

Selebihnya, pengiriman akan berjalan normal kembali. “Saya belum punya statistiknya, tapi dugaan saya sampai dua minggu ke depan masih ada carry over, setelah itu akan normal lagi,” pungkas dia. (sak)