Revitalisasi Kota Tua Jakarta
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Revitalisasi Kota Tua Jakarta

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung upaya revitalisasi atau menghidupkan kembali kawasan Kota Tua Jakarta. Potensi kawasan heritage tersebut tak hanya dilihat dari seni budaya dan arsitektur saja, juga potensi pemanfaatan kawasan sebagai pusat kreatif Ibukota.

“Bekraf jelas melihat bahwa komunitas memegang peranan penting untuk kemajuan industri kreatif. Kami adakan gelaran Creative Room 2016 karena Kota Tua berpotensi menjadi salah satu creative hub bagi pelaku kreatif di Jakarta,” ungkap Deputi III Bidang Infrastruktur Bekraf, Hari Sungkari kepad amedia di Jakarta.

Hari menambahkan, Creative Room 2016 dengan tajuk “Engaging Communities” dapat dijadikan creative hub atau wadah bagi energi-energi kreatif yang hidup dalam berbagai komunitas kreatif di kawasan Kota Tua.

Sebagai tempat perjumpaan kebudayaan dan kreativitas, Bekraf memandang perlu menggarap kawasan Kota Tua untuk mendorong pembangunan fisik sehingga menjadi ruang publik yang sungguh terbuka bagi segala aktivitas ekonomi kreatif.

“Kita mengembangkan Kota Tua Creative Festival sehingga nantinya tidak hanya potensi Kota Tua Jakarta saja yang digarap melainkan juga kawasan-kawasan kota tua di berbagai kota di Indonesia,” kata Hari.

Creative Room 2016 menghadirkan kegiatan-kegiatan para komunitas multidisiplin, antara lain seni rupa, desain produk, desain digital, animasi, desain grafis, arsitektur, film dan lain sebagainya. Aneka kegiatan ini merupakan upaya para pegiat seni budaya dan pelaku kreatif menghidupkan Kota Tua Jakarta.

Diantaranya ModCon (modern conference) Digital Arts Exhibition di Historia Food & Bar Kota Tua yang merupakan pameran kolaborasi kreatif antara Kedutaan Besar Australia dan Ruang Rupa. Pameran itu menampilkan 10 karya terpilih yang menggambarkan kehidupan modern di Indonesia dan Australia oleh pelajar dan perupa berusia 18-35 tahun dari kedua negara.

Di acara tersebut, secara khusus, Bekraf mengadakan bincang-bincang bersama Kedutaan Australia tentang hubungan bilateral kedua negara dalam mengembangkan industri kreatif pada acara Indonesia-Australia Creative Connection.

Diskusi bilateral ini tak lain merupakan bentuk nyata peran Bekraf menjalin kerjasama dengan negara lain dalam rangka memperkuat pondasi dan pengembangan industri kreatif bagi kedua negara. (sak)