Pelari 31 Negara Sukseskan Bromo Marathon
OLAHRAGA PERISTIWA

Pelari 31 Negara Sukseskan Bromo Marathon

Untuk keempat kalinya, International Bromo Marathon sukses dilaksanakan di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (04/09) pagi. Pesertanya lebih dari 1.250 pelari dari 31 negara.

Jumlah participant alias peserta International Bromo Marathon (IBM) 2015 yang meningkat tajam dibandingkan dengan tahun lalu membuat Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf kaget sekaligus senang dan bangga.

“Saya ikutan antusias memberangkatkan Bromo Marathon ini. Sekali lagi, saya sangat berterima kasih kepada semua pelari yang setiap tahunnya selalu menjadikan IBM sebagai agenda wajib tahunan,” kata Irsyad, sesaat setelah memberangkatkan peserta.

Irsyad sendiri menegaskan IBM akan terus dijadikan agenda wajib tahunan, terutama dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan, tahun ini adalah peringatan ke-1087. IBM adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemkan Pasuruan meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata ke Kab Pasuruan.

“Kabupaten Pasuruan memiliki banyak potensi wisata yang begitu menakjubkan. Mulai alam hingga budaya yang sangat lengkap. Sya ajak semua wisatawan dari seluruh dunia datang dan menikmati segala potensi yang ada di Kabupaten Pasuruan. Kami punya tagline yakni Pasuruan Always Fresh, sehingga para wisatawan tidak akan rugi datang ke Kabupaten Pasuruan,” imbuhnya.

Bupati Irsyad memberangkatkan peserta IBM 2016, dari depan Lapangan Desa Ledok, Tosari tepat pukul 07.00 WIB. IBM dibagi menjadi tiga katagori yakni Full Marathon sejauh 42 km, Half Marathon berjarak 21 km dan Fun Marathon dengan jauh yang mencapai 10 km.

Tercatat ada 400 pelari asing yang mengikuti kegiatan bergengsi ini. Peserta paling banyak mengikuti kelas marathon 21 km atau half marathon, selanjutnya 10 km dan 42 km. Salah satunya Monica Lewis (34), pelari asal Inggris yang mengaku sudah tiga tahun ikut IBM.

”Jalurnya sangat ekstrim. Itu telah membuat saya benar-benar kelelahan tapi saya sangat senang dan puas,” ungkapnya.

Di sisi lain, IBM 2016 membuat bangga pemenangnya. Kelas 42KM Putra, juara pertama Maxime Bondue (Prancis), disusul Elius Palunsu (Indonesia) dan Gaspard Dessy (Belgia). Juara 42KM Putri adalah Mila Marlina (Indonesia), disusul Katherine Mitch (Inggris), serta Vonny Tenri (Indonesia).

Kelas 21KM Putra, pemenangnya Hadi Firmansyah, disusul Gael Magnafal (Prancis) dan Francois Dupuls (Prancis). Sedangkan kategori 21KM Putri, juaranya Pia Anders (Singapura), Jessica Bites (AS), dan Nengsih Samady. Selain itu, di kelas 10KM Putra, juaranya Sri Masrudi, Anggi Saputra dan Edwin Dino. Kelas 10KM Putri juaranya Lydia Samoff (AS), Duwi Sulistia dan Weri Indriyani.

Ketua Panitia IBM 2016, Dedy mengungkapkan pelaksanaan kali ini beda dengan tahun lalu. Dimana dari tiga kategori yang diperlombakan rute dan medannya sangat menantang. “Banyaknya rute yang turun naik. Bahkan ada penanjakan yang sangat menantang bagi peserta yang siap dengan rute ekstrim. Disamping rutenya berliku, juga bisa menguras stamina lantaran banyaknya tanjakan,” jelas Dedy.(sak/foto ist)