Ribuan Penyuluh Pertanian Tes CPNS
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Ribuan Penyuluh Pertanian Tes CPNS

Lebih dari enam ribu Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian, ikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) berlangsung 4-6 Oktober menggunakan sistem computer assisted test (CAT) di 23 lokasi di seluruh Indonesia.

”Hari pertama ini pelaksanaan tes dilakukan di Universitas Syah Kuala, Aceh,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman, di Jakarta, Selasa (4/10).

Herman menjelaskan, peserta tes wajib mengerjakan materi seleksi kompetensi dasar. Yakni, terdiri dari seleksi wawasan kebangsaaan (SWK), Seleksi Intelegensi Umum (SIU), dan Seleksi Karakteristik Pribadi (SKP).

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, sampai 30 September 2016 jumlah pendaftar sebanyak 6.087 orang. THL-TB Penyuluh Pertanian adalah jabatan yang mendukung Nawacita di sektor pertanian yang dikecualikan dalam moratorium.

Sebelum mengikuti TKD, telah dilakukan seleksi di sektor pelayanan dasar yakni pendidikan dan kesehatan. ”THL-TB Penyuluh Pertanian ini juga telah melaksanakan tugas di daerah tertinggal, terluar, dan terpencil berdasarkan penugasan dari Menteri Pertanian,” imbuh Herman.

Sekadar informasi, sebelumnya, Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan dan Guru Garis Depan (GGD) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyelesaikan tes CPNS. (sak)