Rio ‘The Rocket Man’ Tetap Dilingkup F1
OLAHRAGA PERISTIWA

Rio ‘The Rocket Man’ Tetap Dilingkup F1

Pada 18 Februari 2016, Rio Haryanto mencetak sejarah bagi bangsa Indonesia setelah berjuang selama lebih dari 15 tahun di dunia balap. Dari 22 pembalap terbaik setiap tahunnya, Rio akhirnya berhasil membawa Merah Putih ke Kejuaraan Dunia Formula 1, kompetisi balap mobil paling populer dan bergengsi di dunia.

Tahun ini, Rio bukan hanya mewakili sekitar 250 juta masyarakat Indonesia, tapi juga sekitar 4,5 milar penduduk benua Asia atau lebih dari separuh populasi planet Bumi.

F1 bukan hanya cabang olahraga tapi juga merupakan marketing platform yang menjangkau sekitar 200 negara di dunia. Selain faktor kemampuan mengemudikan mobil, kepentingan bisnis pun tidak dapat dipisahkan dari F1.

Sayang setelah 12 ronde tim Manor Racing harus mengambil pilihan untuk mengakhiri kontrak Rio sebagai pembalap utama. Sebelumnya, Manor Racing sudah memberikan peluang waktu dan keringanan kepada manajemen Rio dalam memenuhi kewajiban-kewajiban dari kontrak.

Rio mengaku tetap senang menerima tawaran menjadi Reserve Driver Manor Racing di sisa musim 2016. Rio akan selalu siap kembali bertanding di lintasan jika salah satu dari pembalap utama tidak dapat tampil di lintasan. Selain itu, Rio juga dapat menghadiri rapat-rapat teknis bersama tim dan terus mengenalkan dunia F1 ke seluruh masyarakat Indonesia.

“Tentu saya berharap bisa tampil hingga akhir musim dan bertanding di sirkuit-sirkuit seperti Spa dan Monza yang tampaknya cocok dengan karakter mobil MRT05,” kata Rio Haryanto dalam rilisnya kepada media.

Sebagai satu-satunya wakil dari Asia, pe,balap yang sempat dijuluki The Rocket Man ini juga berharap tampil di Grand Prix Singapura, Malaysia, Jepang, dan Abu Dhabi di mana sejumlah supporter dari tanah air sudah tidak sabar untuk datang langsung ke sirkuit.

Rio mengucapkan terima kasih kepada tim Manor Racing yang telah membuka kesempatan bukan hanya bagi dirinya sendiri, tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki wakil dari tanah air di Kejuaraan Dunia Formula 1.

Tak lupa, Rio juga berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Pertamina dan buku tulis KIKY, juga kepada keluarga, manajemen, hingga fans yang tiada hentinya mengirimkan pesan-pesan dukungan. “Saya akan berusaha untuk kembali bertanding di F1 secepat mungkin,” katanya.

Setelah diputus kontraknya, jatah seat tim Manor diberikan kepada pembalap junior Marcedes Esteban Ocon untuk menyelesaikan sembilan race yang tersisa. Esteban akan memulai debutnya pada race ke-12 di Belgia, 28 Agustus mendatang. (sak)