Risma Menangi Urban Professional Awards
PEMERINTAHAN PERISTIWA

Risma Menangi Urban Professional Awards

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendapat penghargaan Urban Professional 2016 dari Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) of Erasmus University Rotterdam di Belanda.

Berdasarkan situs resmi www.ihs.nl, Selasa (30/8), penghargaan langka itu akan diberikan kepada Risma pada saat acara konferensi UN Habitat III yang akan diselenggarakan di Quito, Ekuador pada 17-20 Oktober 2016 mendatang.

Sedangkan yang menjadi runner-up penerima IHS Uran Profesional Award 2016 adalah Alfredo Garay dari Argentina, Direktur Cities Alliance, dengan Proyek ‘Cities without Slums’ yang disponsori IDB. Dan runner-up lainnya adalah Willie Obiano, Gubernur Anambra, Nigeria.

Penghargaan itu diberikan kepada Risma karena dinilai sosok profesional urban yang menginspirasi kemajuan kota, memberikan dampak penting bagi kotanya dan menjadi pemimpin yang visioner, memotivasi dan memiliki komitmen kuat, memberikan perubahan penting bagi pembangunan bangsa dan memberdayakan perubahan bagi kota masa depan.

Bahkan, pada halaman resminya itu, IHS menilai bahwa Risma merupakan wanita pertama yang menjadi Walikota Surabaya dan telah bekerja lebih dari 20 tahun di lingkungan Pemerintahan Kota Surabaya.

Risma juga dinilai banyak mengembangkan Kota Surabaya, salah satunya dengan menerapkan sistem e-procurement yang sukses menghemat APBD Surabaya sebesar 20 persen.

Selain itu, Risma juga dinilai berhasil mengubah Surabaya menjadi kota modern nan hijau. Mereka juga menyebut perjalanan Risma yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya yang berhasil membangun 20 persen wilayah Surabaya menjadi area terbuka hijau. Alhasil, usahanya itu bisa menjadikan Kota Surabaya terbebas dari banjir selama 3 tahun terakhir ini.

“Prioritas saya adalah edukasi, tidak hanya di sekolah tapi secara mental untuk memberdayakan orang-orang. Para siswa tidak hanya harus pintar tapi juga harus tangguh,” kata Risma sebagaimana dikutip IHS. (sak)